UCUN 2016 Gugus 04

UJI COBA UJIAN NASIONAL  2016

GUGUS 04 - BAHASA INDONESIA SMP


 A. Pilihan Tunggal


        Bacalah teks  berikut kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d 3!

Untuk menjaga kesehatan, kita tidak cukup hanya minum vitamin. Olahraga juga penting. Melalui olahraga secara rutin, aliran darah kita pun akan otomatis menjadi lebih lancar. Jantung kita juga sehat. Selain itu, pikiran kita akan lebih segar setelah berolahraga. Oleh karena itu, jika ingin sehat, rajinlah berolahraga!

 1.  Makna kata otomatis pada teks tersebut adalah ….
 A.  perbuatan manusia
 B.  pergantian tenaga
 C.  dengan sendirinya
 D.  mengatur pekerjaan

2.     Pernyataan yang sesuai isi teks tersebut adalah …
A.  Jika ingin sehat rajin-rajinlah berolahraga.
B.  Olahraga berlebihan berbahaya bagi tubuh.
C.  Aliran darah menjadi lancar berkat vitamin
D.  Olahraga ringan dapat dilakukan setiap saat.

3.  Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A.  Jika sudah minum vitamin sebaiknya jangan berolahraga.
B.  Olahraga berat sangat diperlukan untk menjaga kesehatan tubuh manusia
C.  Dengan mengurangi kegiatan rutin berolahraga dapat menyehatkan tubuh.
D.  Untuk menjaga kesehatan selain minum vitamin juga harus rutin berolahraga.


Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 4 s.d 6!

      Pencemaran lingkungan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pertama, pencemaran lingkungan karena polusi udara dari kendaraan bermotor yang jumlahnya semakin lama semakin bertambah banyak. Selain itu, pembuangan limbah industri dari pabrik pabrik yang tidak sesuai dengan prosedur. Penyebab lainnya, perilaku masyarakat sendiri yang sering membuang sampah sembarangan. 
Pencemaran lingkungan tersebut dapat mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Contohnya udara menjadi kotor dan tidak sehat. Selain itu, menyebarnya berbagai virus dan bakteri atau terjangkitnya wabah penyakit. Akibat lainnya, bencana banjir karena saluran saluran air tersumbat oleh sampah.

4.   Ide pokok paragraf pertama teks tersebut adalah ….
A.  penyebab pencemaran
B.  pembuangan limbah
C.  kendaraan bermotor 
D.  perilaku masyarakat

5.   Kalimat utama paragraf kedua teks tersebut terletak pada kalimat ….
A.  1
B.  2
C.  3
D.  4

6.   Ringkasan teks tersebut adalah …
A.  Pencemaran lingkungan karena banyaknya jumlah kendaraan.

B.  Pencemaran lingkungan mengakibatkan kerugian bagi masyarakat.

C.  Penyebab pencemaran lingkungan dan akibat yang ditimbulkannya.

D.  Bencana banjir karena saluran air yang tersumbat sampah.

7.   Bacalah teks berikut!

(1) Kebijakan membawa handphone ke sekolah menimbulkan pro dan kontra.
(2) Di satu sisi, merasa keberatan karena khawatir handphone digunakan tidak sesuai dengan fungsinya.
(3) Di sisi lain, membawa handphone justru memudahkan orang tua untuk berkomunikasi dengan anak-anaknya.
(4) Dengan demikian, orang tua lebih mudah mengontrol putra-putrinya.

Pendapat yang menyatakan tidak setuju pada teks tersebut ditandai nomor ….
A.  (1)
B.  (2)
C.  (3)
D.  (4)

8.    Bacalah teks berikut! 
Teks  I
Teks  II
Di bagian dasar monumen pada kedalaman 3 meter di bawah permukaan tanah, terdapat museum sejarah nasional Indonesia. Ruang besar museum sejarah perjuangan nasional dengan ukuran luas 80 x 80 meter, dapat menampung pengunjung sekitar 500 orang. Diorama itu menggambarkan sejarah perjuangan hingga masa orde baru.
Tepat pukul 06.00 kami berkumpul di lapangan sekolah. Setelah itu, mendapat pengarahan dari Kepala Sekolah. Pukul 07.30 pengarahan selesai, kami pun beranjak menuju bus masing-masing. Perjalanan menuju Pantai Pangandaran diperkirakan selama 9 s.d 10 jam. Selama perjalanan diisi dengan bernyanyi bersama.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut diawali dengan urutan ….

Teks  I
Teks II
A
waktu
tempat
B
tempat
Waktu
C
sebab-akibat
Waktu
D
akibat-sebab
tempat
                                    
9.    Bacalah teks berikut!

(1)Pada buku ini, gambar yang disajikan tidak berwarna sehingga bisa saja dapat menimbulkan kurangnya minat para siswa dalam mengkaji buku tersebut. (2) Selain itu, kualitas kertas buku yang digunakan juga kurang bagus sehingga mudah cacat atau robek. (3) Isi buku ini kurang sistematis sehingga agk sulit untuk memahaminya. (4) Terlepas dari semua kekurangan yang ada, buku ini tetap berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan yang meliputi aspek-aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai.

Hal yang menyatakan keunggulan pada teks tersebut ditandai dengan nomor …
A.     (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.     (4)

Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 10 s.d. 13!



Selesai dari surau itu, ditemani sandal lusuh yang sudah hampir 1 tahun ia gunakan, ia bergegas menuju rumah.
“Assalamualaikum,” ucapnya sembari mendorong daun pintu di sebuah gubuk kecil.
“Waalaikumsalam,” 
sahut Fatimah. Fatimah kemudian menyodorkan piring berisi nasi yang baru matang dan menyuruhnya mengambil lauk di meja makan.
Setiap hari sambal dan tempe menjadi peneman nasi panas yang ibunya berikan. Kesederhanaan itulah yang ia sukai, dia paham betul bahwa hidup mewah karena harta orangtua itu hanya akan merusak masa depannya. Ia lebih suka berjuang untuk meraih masa depannya sendiri daripada hanya menerima keringat orangtuanya.
“Ibu, saya berangkat dulu, mohon doanya supaya saya bisa menjadi siswa yang cerdas,” ucapnya sambil menyium tangan ibunya.
“Jadilah siswa yang cerdas dan berakhlak Nak karena hal itu akan sangat berguna,” jawab Fatimah.
“Insya Allah, Bu. Anakmu ini adalah cerminan harapanmu, Bu.” jawabnya menenangkan hati Ibunya.
                            Sumber:Cerpenku/Jujur Tidak Ancur

10.  Watak tokoh Ibu pada kutipan teks tersebut adalah ….
A.  penurut
B.  pendiam
C.  pemalu
D.  penyayang

11.  Amanat teks tersebut adalah …
A.  Berjuang meraih masa depan secara mandiri!
B.  Menggantungkan harapan masa depan kepada orang tua!
C.  Mengharapkan kekayaan orang tua untuk jaminan masa depan!
D.  Belajar hanya untuk menyenangkan kedua orang tua!


12.  Latar tempat pada kutipan teks tersebut adalah di ….
A.              sekolah
B.              rumah
C.              surau
D.              jalan

Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 13 dan 14!

Bapak penjaga warnet itu menulis namanya dan mengetahui hasilnya. “Selamat ya, Nak” ucap bapak itu dengan penuh kekaguman, padahal semula sempat agak meremehkannya. “Apa saya lolos?”
“Iya, kamu diterima di Fakultas Pendidikan Dokter UGM, Nak.”
Pria itu seketika bersujud syukur, apa yang ia harapkan menjadi kenyataan. Langkahnya sangat mantap menuju gubuk kecil tempat tinggalnya. Sejuta kegembiraan menghias wajahnya. Sesampainya di rumah, ibunya telah menyambut di depan pintu. Tanpa bertanya, ibunya langsung mengucapkan selamat padanya. Ibu itu tahu arti senyuman di mukanya meski belum dia bercerita sepatah kata pun.
                            Sumber:Cerpenku/Jujur Tidak Ancur

13.  Makna kata yang ditulis miring pada teks tersebut adalah ....
A.     sedih sekali
B.     sangat senang
C.     kecewa sekali
D.     sedikit senang

14.  Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah ….
     A.     penuh kekaguman
     B.     memberi selamat
     C.     meminta bantuan
     D.     melangkah mantap

Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 15 dan 16!

Pada awalnya Gajah mengelak atas tuduhan Semut Merah. Ia mengatakan, “Tidak...itu bukan salahku, aku tidak merusak rumah-rumah mereka. Tempat mereka membuat rumah-rumah tanah adalah jalurku berjalan. Aku tidak tahu-menahu dengan semua itu.”

Tetapi Singa si Raja Hutan tak mempercayai ucapan Gajah yang terkesan mengada-ada. “Benarkah itu Gajah?” tanya Singa penuh selidik. Karena didesak sedemikian rupa, Gajah pun akhirnya mengakui kesalahannya. Ia mengangguk-angguk perlahan-lahan. Kemudian diputuskan bahwa Gajah harus mencari rute perjalanan yang lain supaya tidak merusak rumah-rumah Semut Merah. Gajah pun menyetujuinya dan meminta maaf kepada Semut Merah. Mulai saat itu dan seterusnya, Gajah tidak lagi lewat dan merusak rumah-rumah tanah Semut Merah. Semut-semut Merah pun bisa hidup tenang. Kedamaian serta kerukunan di hutan belantara kembali tercipta.
 Diolah dari sumber: http://www.ceritanakecil.com/2013/02/semut-merah-melawan-gajah.html

15.  Penyebab terjadinya konflik pada kutipan teks  tersebut adalah ...
A. Semut sengaja memfitnah Gajah dan keluarganya.
B.  Gajah tidak mau diajak berdamai dengan Singa si Raja Hutan.
C.  Raja Hutan tidak bersikap adil saat menyelesaikan masalah Gajah dengan Semut.
D. Gajah sengaja melewati rumah Semut Merah sehingga rumah tersebut rusak.

16.  Akibat konflik yang terjadi pada kutipan teks tersebut adalah ...
A.  Semut Merah berjanji tidak akan menyakiti keluarga Gajah.
B.  Gajah diadili oleh Raja Hutan dan meminta maaf kepada Semut Merah.
C.  Raja Hutan memberi hukuman kepada Semut Merah untuk membuat jalan.
D.  Gajah memaafkan Raja Hutan dan mereka pun hidup damai berdampingan.

17.              Bacalah kedua teks berikut! 
Teks  I
Teks  II
Di suatu hutan belantara hiduplah berbagai kelompok hewan. Mereka hidup bersahabat, rukun, damai, aman dan sejahtera antara satu dengan lainnya. Menjalani kehidupan di hutan belantara dengan bahagia. Tidak saling mengganggu dan apabila salah satu dari mereka mengalami kesusahan mereka suka saling tolong-menolong.
“Kawan-kawanku setanah air dan seperjuangan, Gajah sudah sangat keterlaluan! Oleh karena   itu, kita harus membalas perlakuannya.

Setuju?” Suara Kepala Pasukan terdengar lantang.
“Ya, setuju!” Kompak terdengar suara-suara Semut Merah pekerja lain menanggapi usulan itu.

Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah diawali dengan ….
Teks  I
Teks II
A
pengenalan tokoh
pengenalan latar
B
pengenalan latar
aksi tokoh
C
aksi tokoh
pengenalan tokoh
D
pengenalan tokoh
aksi tokoh

Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 18 dan 19!

       Suatu hari, seekor singa menangkap seekor tikus dengan satu kakinya yang besar. Tikus memohon supaya Singa mengasihinya dan tidak memakannya. Singa memberi ampunan pada Tikus dan melepaskannya.  Beberapa hari berikutnya, Singa terkena jebakan jaring pemburu. Dia mengaum sehingga suaranya terdengar di seluruh penjuru hutan. Tidak ada yang mendekat untuk menolong Singa, kecuali seekor Tikus yang pernah dilepaskannya kemarin. Dengan gigi tajamnya, Tikus itu menggigiti tali jaring yang menangkap Singa hingga putus. 
Akhirnya, Singa itu terbebaskan.
Sumber: http://www.ceritanakecil.com/2014/03/cerita-fabel-singa-dan-tikus.html

18.  Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah …
     A.  Cerita bagus karena menceritakan perbuatan yang baik akan mendapat kebaikan pula.
     B.  Cerita kurang menarik karena menceritakan tentang kehidupan binatang di hutan.
     C.  Cerita kurang bagus karena latar cerita berada di hutan belantara yang sepi.
     D.  Cerita menarik dan bagus hanya latar tempatnya tidak tergambar dengan jelas.

19.  Tindakan terpuji Tikus   pada teks tersebut adalah …
    A.  Memberi makanan dan minuman kepada Singa.
    B.  Membantu Singa lepas dari jaring perangkap.
    C.  Membiarkan Singa mengaum meminta pertolongan.
    D.  Memaafkan tindakan Singa yang sudah menyakiti anaknya.

20.  Perhatikan kalimat berikut!
Empat pelajar Indonesia […] medali emas pada Olimpiade Kimia Internasional di Rusia.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ….
A.     meraih
B.     mencari
C.     mendukung
D.     menghasilkan

21.  Bacalah teks berikut!

Dalam sarang lebah terdapat bilik-bilik yang menyerupai kamar-kamar dalam rumah. […] Bilik-bilik tersebut ada yang untuk menyimpan madu. Selain itu, juga untuk menyimpan tepung sari. Tidak kalah pentingnya, bilik itu juga untuk menyimpan telur lebah ratu.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …
A.     Bilik itu untuk tempat peristirahatan lebah jantan dan lebah ratu.
B.     Bilik-bilik tersebut digunakan  untuk bermacam-macam keperluan.
C.     Sarang lebah banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat.
D.     Sarang lebah juga dapat dimanfaatkan sebagai tambahan bahan obat.


22.  Bacalah teks berikut!
(1)   Penanganannya dapat melalui operasi atau penambalan.
(2)   Penyakit jantung bawaan pada anak akan mengganggu tumbuh kembang anak.
(3)   Hal tersebut disampaikan oleh ahli penyakit jantung Rumah Sakit Siloam.
(4)   Oleh karena itu, anak yang menderita penyakit jantung bawaan perlu segera ditangani.

Susunan kalimat tersebut supaya menjadi teks laporan yang tepat adalah …
A.                 (2)-(1)-(3)-(4)
B.                 (2)-(4)-(3)-(1)
C.                 (3)-(4)-(1)-(2)
D.                 (3)-(1)-(2)-(4)

23.     Bacalah teks berikut!
             Membuat Tauge Kacang Hijau
(1)   Siapkan tempat persemaian dari karung beras di tempat yang lembab!
(2)   Hari keempat, tauge kacang hijau siap dipanen! 
(3)   Pertama, siapkan kacang hijau dan cuci hingga bersih!
(4)   Setelah bersih, rendam kacang hijau selama 24 jam agar mekar!
(5)   Biarkan selama tiga hari digelar di tempat yang lembab!
(6)   Kacang hijau yang sudah direndam, ditiriskan dan digelar di atas karung beras!

Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi petunjuk yang sistematis adalah ….
A.                 (3)-(5)-(4)-(1)-(2)-(6)
B.                 (3)-(4)-(1)-(6)-(5)-(2)
C.                 (5)-(3)-(2)-(1)-(6)-(4)
D.                 (5)-(4)-(1)-(3)-(2)-(6)

24.  Bacalah teks berikut!
Ki Hajar Dewantara adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, lembaga yang memberi    kesempatan belajar kepada rakyat jelata. Ki Hajar sejak kecil hidup bersahaja, tidak sombong, walaupun kaum bangsawan. beliau tidak mau gelar raden mas-nya dicantumkan dalam namanya, agar lebih merakyat. Ki Hajar juga dikenal sebagai penulis yang terkenal pedas mengritik Belanda. Tulisannya yang terkenal adalah Seandainya Aku Seorang Belanda ‘Als ik een Nederlander was.
                   Diolahdari sumber  http://www.biografipahlawan.com

Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut  adalah …
A.     mendirikan Taman Siswa
B.     bersahaja dan tidak sombong
C.     menulis artikel untuk Belanda
D.     mencantumkan gelar bangsawan


25.  Bacalah teks berikut!
Bakat seni Benyamin sudah terlihat sejak anak-anak. Bakat seninya dari pengaruh sang kakek, yaitu Saiti dan Haji Ung. Sifatnya yang periang, pemberani, kocak, pintar dan disiplin, ditambah suaranya yang bagus menjadikan Ben sering ditraktir teman-temanya. Berkat ketekunan dan bakatnya, Benyamin  sukses di bidang seni. Banyak penghargaan di bidang rekaman musik, menulis lagu, perfilman, lawak, sinetron, dan lain-lain. Maka wajar seniman Betawi ini dijuluki seniman serbabisa.
                         Diolahdari sumber  http://www.biografiku.com

Keistimewaan tokoh  tersebut adalah …
A.    menjadi seniman Betawi
B.     pintar dan bersuara bagus
C.     dijuluki seniman serbabisa
D.     sejak kecil sudah berbakat

26.  Bacalah teks berikut!
Membuat Seblak Nikmat

(1) Rebus kerupuk mentah agar tidak keras dalam air yang mendidih! Sampai matang, tetapi jangan terlalu lembek!
(2)+Haluskan bawang putih, kencur, cabai rawit, garam, gula, dan royco!
 (3) Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum lalu tambahkan sedikit air!
 (4) […]
 (5) Aduk rata kerupuk tersebut!
(1)  Setelah tercampur, angkat, dan tuang seblak ke piring!
(2)  Seblak siap disajikan!

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …
A.  Haluskan bumbu yang disediakan!
B.  Masukkan sosis yang telah diiris tipis!
C.  Masukkan kerupuk yang telah direbus!
D.  Angkat setelah tercampur rata dan sajikan!

27.  Bacalah teks berikut!
Buku berjudul Bertanam Tomat dalam Pot ini sangat bermanfaat baik bagi masyarakat. Dalam buku ini dijelaskan bagaimana proses menanam tanaman tomat dalam pot secara sederhana. […] Jadi, bertanam tomat dalam pot mudah dipraktikkan bagi siapa saja.

Kalimat berisi keunggulan untuk melengkapi teks tersebut adalah …
  A.     Gambar yang disajikan tidak berwarna dan kurang jelas.
  B.     Langkah-langkah untuk penanaman tomat kurang sistematis.
  C.     Pemupukan dan perawatan tanaman tidak dijelaskan secara detail.
  D.     Bahasa yang digunakan ringan dan mudah dipahami bagi pembaca.


28.  Perhatikan data-data berikut!
Museum Jambi
-  dibangun tahun 1981
-  diresmikan 6 Juni 1988
-  gaya arsitektur Kajang Loko
-  ciri rumah adat masyarakat Jambi

Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut yang tepat adalah …

A.  Museum ini dibangun tahun 1981 dan diresmikan pada tanggal 6 Juni 1988. Museum ini menyimpan beraneka ragam benda peninggalan sejarah dan budaya Jambi.

B.  Koleksi yang terdapat dalam Museum Jambi dikelompokkan ke dalam beberapa bagian, seperti: biologika, geologika, arkeologika, etnografika, numismatika, heraldika, dan keramalogika.

C.  Museum ini dibangun tahun 1981 dan diresmikan pada tanggal 6 Juni 1988.  Bangunannya bergaya arsitektur Kajang Loko, yang menjadi ciri khas rumah adat masyarakat Jambi.

D.  Museum ini dibangun tahun 1981 dan diresmikan pada tanggal 6 Juni 1988.  Bangunannya bergaya arsitektur Kajang Loko. Koleksinya bermacam-macam tentang budaya dan adat masyarakat Jambi.

29.  Perhatikan data-data berikut!

Judul         : Pedoman Budidaya Tambak Udang
Penulis     : Tim Karya Tani Mandiri
Penerbit  :  Nuansa Aulia 
Tahun       :  2009
Keunggulan: 
·       Isinya himpunan hasil penelitian para ahli
·       Menambah wawasan tentang prospek usaha tambak udang
·       Bahasa mudah dipahami dilengkapi gambar
Kelemahan:
Ukuran buku kecil dan tidak berwarna

Paragraf resensi yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ...

A.     Buku ini menyajikan secara lengkap proses para ahli menambah wawasan tentang prospek tambak yang dapat dimanfaatkan pembaca. Penggunaan bahasa yang mudah dipahami memudahkan pembaca untuk mencoba setahap demi setahap proses tersebut. Buku ini dilengkapi ilustrasi gambar berwarna yang  menarik.

B.     Buku ini berisi himpunan hasil penelitian para ahli yang menjelaskan secara lengkap teknik budidaya udang mulai dari penentuan lokasi lahan tambak, pembibitan, pengolahan hingga pengendalian penyakitnya. Buku ini dapat menambah wawasan pembaca bertambah tentang prospek usaha tambak udang. Bahasa yang digunakan mudah dipahami. Meskipun buku ini kecil dan tidak berwarna, tidak masalah karena buku ini dilengkapi dengan gambar.

C.     Tujuan penulis buku ini ingin membuat pembaca termotivasi melakukan penelitian sederhana tentang usaha tambak udang.  Buku ini ditulis oleh peneliti dari berbagai institusi. Dengan memanfaatkan media yang sederhana dapat menghasilkan udang berkualitas dan jumlah maksimal. 

D.     Buku yang secara garis besar menjelaskan bagaimana membuka tambak udang dalam kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan hasil penelitian para ahli. Buku yang disarankan untuk mereka yang senang meneliti karena dapat menambah wawasan. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan gambar berwarna. 

30.  Perhatikan kalimat berikut!
Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah belum berhasil mendorong laju melemahnya nilai tukar rupiah.

Kesalahan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah ...
A.     berhasil
B.     dilakukan
C.     mendorong
D.     melemahnya


31.  Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1)   Semua para siswa-siswa diharapkan membawa alat-alat kebersihan.
2)   Bung Hatta adalah Bapak Koperasi Indonesia.
3)   Pangeran Diponegoro wafat pada 8 Januari 1955.
4)   Pada 1912 Ahmad Dahlan mendirikan organisasi Muhammadiyah.

Kalimat yang tidak efektif ditandai nomor ….
A.     1)
B.     2)
C.     3)
D.     4)

32.  Bacalah teks berikut!
(1)Gesang Martohartono lahir di Surakarta, Jawa tengah, 1 Oktober 1917. (2) Beliau dikenal sebagai “Maestro Keroncong Indonesia.” (3) Sungai Bengawan Solo meluap akibat hujan semalaman. (4) Salah satu lagu ciptaannya yang terkenal “Bengawan Solo.”

Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut ditandai nomor ….
A.    (1)
B.    (2)
C.     (3)
D.    (4)

33.  Perhatikan kalimat berikut!
Buku ini dilengkapi dengan […] yang menarik dan bahasa yang digunakan juga mudah dipahami.

Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat  tersebut adalah ….
A.     jilid
B.     tipis
C.     kertas
D.     ilustrasi

34.  Perhatikan  kalimat berikut!
Pertanian organik […] teknik pengolahan dan pembudidayaan murni tanpa bahan-bahan kimia.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
A.     menambahkan
B.     menggunakan
C.     meningkatkan
D.     mengakibatkan

35.  Perhatikan kalimat berikut!
Acara perpisahan malam itu diakhiri dengan kegiatan […].

Kata ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
A.    salam-salam
B.    salaman-salaman
C.       bersalam-salaman
D.     bersalam-bersalam

36.  Perhatikan kalimat berikut!
Musim penghujan mengakibatkan banjir di beberapa daerah yang sangat merasakan masyarakat.

Perbaikan kata merasakan pada kalimat tersebut yang tepat adalah ….
A.     merugikan
B.     mendapatkan
C.     menjelaskan
D.     mengupayakan


37.  Bacalah teks berikut!
Buku Gus Dur Menjawab Perubahan Zaman berisi pemikiran-pemikiran Kiai Haji Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang telah tiada. Pemikiran-pemikiran yang beliau tuangkan tersebut akan terus hidup dan relevan sebagai polusi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Perbaikan penggunaan istilah polusi pada teks tersebut yang tepat adalah  ….
A.  solusi
B.  acuan
C.  sosial
D.  indikasi

38.     Perhatikan kalimat berikut!
Selain itu, banyak amanat-amanat yang terkandung dalam cerita itu memberi teladan yang sangat baik sekali bagi pembaca.

Perbaikan kalimat tersebut supaya menjadi kalimat efektif adalah menghilangkan kata …
A.     banyak, sangat
B.     banyak, amanat
C.     sangat, sekali
D.     sangat, pembaca

39.     Bacalah teks berikut!
(1) Zat yang terkandung dalam asap akibat kebakaran hutan terbagi dalam bentuk partikel dan gas. (2) Pemerintah seharusnya mengatasi kebakaran hutan. (3) Sedangkan dalam gas terkandung karbon monoksida, karbon dioksida, sulfur dioksida, dan hidrogen. (4) Semua bahan itu berpotensi menimbulkan kerusakan jaringan paru yang sifatnya permanen.

Perbaikan paragraf tersebut supaya menjadi padu adalah mengganti kalimat nomor (2) menjadi ...
A.     Kebakaran hutan mengakibatkan punahnya flora dan fauna.
B.     Banyak dampak negatif yang ditimbulkan oleh kebakaran.
C.     Kebakaran hutan sebenarnya dapat dicegah dan dihindari.
D.     Dalam partikel terkandung silikon, alumina, dan oksida besi.

40.  Perhatikan kalimat berikut!
Proses membuat batik Jambi melahap waktu setengah bulan.
Alasan ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah …
A.    kata proses seharusnya produk
B.    kata membuat seharusnya menyusun
C.     kata melahap seharusnya memakan
D.    kata waktu seharusnya selama

41.  Perhatikan kalimat berikut!
Tere Liye menyajikan cerita yang universal sehingga sangat mudah sekali diterima pembaca dari semua kalangan.

Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut  adalah …
A.    Kata menyajikan tidak diperlukan karena berlebihan.
B.    Kata universal tidak diperlukan sehingga dapat dihilangkan.
C.     Kata sekali tidak perlu digunakan karena sudah ada kata sangat.
D.    Kata kalangan tidak perlu ditulis karena berlebihan.

42.     Bacalah teks berikut!
(1) Affandi Koesoema yang lebih dikenal dengan Affandi lahir di Cirebon, Jawa Barat. (2) Sejak kecil ia bercita-cita menjadi pelukis. (3) Kegiatan melukis memerlukan seni yang tinggi. (4) Pada akhirnya, ia pun dikenal sebagai salah satu pelukis yang produktif di tanah air.

Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut  adalah karena kalimat nomor ….
A.  (1) tidak berkaitan dengan kalimat (2), (3), (4)
B.  (2) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (3), (4)
C.  (3) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (2), (4)
D.  (4)tidak berkaitan dengan kalimat (1), (2), (3)

43.     Perhatikan kalimat berikut!
Setiap hari Senen diadakan razia oleh Petugas Ketertiban.

Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut pada kata .…
A.    Senen
B.    diadakan
C.     razia
D.    Petugas

44.  Perhatikan kalimat berikut!
“Itu kebaikan Pak Jago saja dan jika ia tidak   berkokok, jangan disalahkan dong?” hardik Pak Kancil membela Pak Jago.

Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah …
A.    tanda tanya (,) seharusnya tanda seru (?)
B.    tanda tanya (,) seharusnya tanda koma (!)
C.     tanda titik (?) seharusnya tanda tanya (!)
D.    tanda titik (?) seharusnya tanda seru (.)

45.     Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1)   Shinta lahir di Rantau Rasau, Jambi, 14 Pebruari 2000.
(2)   Sam Bimbo dikenal dengan penyanyi yang relegius.
(3)   Sejak Nopember 2016, ayahnya dirawat di rumah sakit Darmais.
(4)   Jadual kunjungan Presiden sudah diatur oleh protokoler.

Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut ditandai dengan nomor …
A.     (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.     (4)

46.  Perhatikan kalimat berikut!
Maafkan saya Saya menyesali kecerobohan yang kami lakukan ungkap Pak Kerbau.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah …
C.     “Maafkan saya. Saya menyesali kecerobohan yang kami lakukan ungkap Pak Kerbau.” 
D.     “Maafkan saya. Saya menyesali kecerobohan yang kami lakukan, ungkap Pak Kerbau. 
E.      “Maafkan saya. Saya menyesali kecerobohan yang kami lakukan,” ungkap Pak Kerbau.
F.      “Maafkan saya. Saya menyesali kecerobohan yang kami lakukan?” ungkap Pak Kerbau.


47.  Perhatikan kalimat berikut!
Pemerintah menetapkan tanggal 25 Nopember diperingati sebagai hari guru.

Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
A.     Pemerintah menetapkan tanggal 25 Nopember diperingati sebagai hari Guru.
B.     Pemerintah menetapkan tanggal 25 Nopember diperingati sebagai Hari Guru.
C.     Pemerintah menetapkan tanggal 25 November diperingati sebagai hari guru.
D.     Pemerintah menetapkan tanggal 25 November diperingati sebagai hari Guru.

48.  Perhatikan kalimat berikut!
Peserta ujian harap membawa alat-alat tulis pensil pulpen dan penghapus?

Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
A.     Peserta ujian harap membawa alat-alat tulis pensil, pulpen, dan penghapus. 
B.     Peserta ujian harap membawa alat-alat tulis, pensil, pulpen, dan penghapus.
C.     Peserta ujian harap membawa alat-alat tulis: pensil, pulpen dan penghapus. 
D.     Peserta ujian harap membawa alat-alat tulis: pensil, pulpen, dan penghapus.


49.  Perhatikan teks berikut!
Berita musibah banjir menjadi topik berita di surat kabar Republika.

Alasan ketidaktepatan penggunaan ejaan pada teks tersebut adalah ….
A.  Kata topik seharusnya ditulis topic supaya sesuai kaidah EYD.
B.  Kata berita seharusnya ditulis warta berita karena nama diri.
C.  Kata surat kabar seharusnya ditulis Surat Kabar karena diikuti nama diri.
D.  Kata Republika seharusnya ditulis dengan cetak miring Republika.

50.  Perhatikan kalimat berikut!
“Non Vira mau roti atau nasi goreng!” tanya Bi Nimas.

Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ….
A.     tanda seru (!) tidak tepat digunakan seharusnya tanda (,)
B.     tanda seru (!) setelah kata  goreng  diganti tanda koma (,)
C.     tanda seru (!) setelah kata goreng sudah tepat penggunaannya
D.     tanda seru (!) tidak tepat digunakan karena bukan kalimat perintah











EmoticonEmoticon