Mana Saja yang Termasuk Planet Terluar?



Uranus dan Neptunus adalah planet yang termasuk planet luar.  Disebut sebagai panet terluar karena letak planet-planet tersebut sangat jauh dari Matahari.  Selain itu, planet-planet ini baru ditemukan ketika manusia sudah membuat teleskop yang amat kuat.  Pluto, planet paling kecil dan paling jauh, berada di tepi ruang angkasa yang kosong.  Planet ini baru ditemukan di tahun 1930, sebagai hasil dari perhitungan matematika untuk mencari penyebab mengapa orbit Neptunus terganggu oleh benda yang tidak dikenal. Cahaya Matahari butuh waktu 5,5 jam untuk mencapai Pluto pada jarak rata-ratanya 

Pluto mempunyai orbit berbentum oval yang kadang-kadang membuatnya berada di dalam orbit Neptunus.  

Pluto ditemukan pada tahun 1930 dan awalnya dinyatakan sebagai planet kesembilan dari Matahari. Setelah 1992, status planetnya dipertanyakan setelah para astronom menemukan sabuk Kuiper, lingkaran objek di luar Neptunus yang mencakup Pluto dan benda-benda lainnya. 

Pada tahun 2006, Persatuan Astronomi Internasional (IAU) mengeluarkan definisi resmi "planet" untuk pertama kalinya. Dalam definisi baru ini, Pluto tidak sesuai dengan definisi ini dan dipindahkan ke golongan "planet katai".  

Pluto sejauh ini diketahui memiliki lima satelit: Charon, Styx, Nix, Kerberos, dan Hydra. 

1 comments


EmoticonEmoticon