Kalimat Berita (Kalimat Deklaratif)


Kalimat berita adalah kalimat yang menyatakan atau memberitahukan suatu hal kepada pihak lain. Dalam pemakaian bahasa bentuk kalimat deklaratif umumnya digunakan oleh pembicara atau penulis untuk membuat pernyataan sehingga isinya merupakan berita bagi
pendengar atau pembacanya. Jika pada suatu saat kita mengetahui ada kecelakaan lalu lintas dan kemudian kita menyampaikan peristiwa itu kepada orang lain, maka kita dapat memberitakan kejadian itu dengan menggunakan bermacam-macam bentuk kalimat deklaratif.

Contoh:
a.   Tadi pagi ada tabrakan mobil di dekat Sekolah.
b.   Beni tidak masuk sekolah karena demam.
c.   Saya belum makan sejak tadi pagi.

Dalam bentuk tulisnya, kalimat berita diakhiri dengan tanda titik. Dalam bentuk lisan, suara berakhir dengan nada turun.

Soal dan Pembahasan

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. .... siswa tidak setuju akan diadakannya wisata ke Bali, sebab biayanya terlalu mahal.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat berita tersebut adalah ....
A. berapa
B. beberapa
C. berapa-berapa
D. bagaimana

Jawaban: B
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat berita tersebut adalah kata 'beberapa' sehingga kalimat lengkapnya menjadi 'Beberapa siswa tidak setuju akan diadakannya wisata ke Bali, sebab biayanya terlalu mahal'.

2. Adit sudah sarapan.
Bentuk ingkar kalimat berita tersebut yang tepat adalah ...
A. Adit belum sarapan.
B. Adit tidak sarapan.
C. Adit dilarang sarapan.
D. Adit bukan sarapan.

Jawaban: A
Kata 'sudah' menyatakan bahwa sesuatu hal telah terjadi. Bentuk ingkar dari kata 'sudah' adalah 'belum'.

3. Limbah industri dan limbah rumah tangga yang mencemarkan lingkungan sangat membahayakan bagi kita. Oleh karena itu, bahaya pencemaran harus dihindari dengan jalan merencanakan dan membuat peraturan-peraturan sebaik mungkin. Untuk itu perlu adanya pendidikan lingkungan agar kita memiliki kesadaran menjaga kelestarian lingkungan hidup. Dengan pendidikan itu diharapkan adanya penertiban terhadap perusahaan yang tidak bertanggung jawab yang membuang limbah industrinya ke sungai-sungai.
            Kalimat berita negatif pada paragraf di atas ditunjukkan oleh kalimat ….
a.     pertama
b.    kedua
c.     ketiga
d.    keempat

Jawaban: B
Kalimat berita negatif ditunjukkan oleh kalimat kedua karena terdapat kata 'dihindari' yang maknanya melarang atau mencegah.


EmoticonEmoticon