Keajaiban Alam: Danau

SiMoti kali ini akan membahas tentang keajiban alam, khususnya danau. Adapun danau-danau yang masuk dalam keajaiban alam tersebut adalah sebagai berikut:


Danau Baikal

Danau Baikal yang terletak di Rusia adalah danau yang memiliki banyak keistimewaan. Pertama, danau ini adalah danau terdalam di dunia. Bagian terdalam danau ini mencapai 1.637 meter. Kedua, danau ini merupakan danau tertua di dunia. Diperkirakan usia danau ini adalah 25 juta tahun. Ketiga, danau ini memiliki air tawar terbanyak di dunia. Bahkan, volume air bersih yang ada di danau ini cukup besar, yakni mencapai seperlima dari total persediaan air bersih di dunia. Keempat, di danau ini terdapat 1550 spesies hewan dan 1085 tumbuhan. Bahkan, 1000 dari spesies tersebut tidak diketemukan di tempat lain.


Danau Plitvice

Danau Plitvice adalah danau tercantik di Eropa, bahkan di dunia karena dikelilingi oleh tiga gunung yang sangat indah. Danau ini terletak di sebuah taman nasional di Kroasia. Danau ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing curam yang membentuk ratusan air terjun kecil yang cantik. Warna air di danau ini sangat dikagumi karena warna khas airnya, biru, hijau, dan abu-abu senantiasa berubah mengikuti musim dan jumlah mineral di dalamnya. Danau seluas 217 hektare ini telah menjadi situs warisan dunia UNESCO sejak 1979.


Danau Vostok

Danau Vostok adalah danau yang terletak 4.000 meter di bawah permukaan lapisan es Antartika. Usia danau ini sangat tua, diperkirakan sama dengan usia dinosaurus jika masih hidup. Karena ditutupi lapisan es selama jutaan tahun, kandungan air yang terdapat di danau ini adalah air yang paling murni di Bumi. Luas danau ini adalah lebih dari 14.000 km2 dengan suhu rata-rata air -3°C. Kondisi ekstrem di Danau Vostok sangat mirip dengan kondisi Europa (bulan planet Jupiter) serta Enceladus (bulan planet Saturnus).









EmoticonEmoticon