Keajaiban Alam: Air Terjun


SiMoti kali ini akan membahas tentang keaiban alam dalam hal air terjun sebagai berikut:


1. Air Terjun Niagara


Air Terjun Niagara adalah air terjun besar di Sungai Niagara yang berada di garis perbatasan antara negara Amerika Serikat dengan Kanada. Walaupun tidak terlalu tinggi, Niagara merupakan air terjun yang sangat lebar dan terkenal di dunia. Niagara terkenal akan pelangi indahnya yang melintang di tengah derasnya air terjun. Keindahan alam yang terdapat di sekeliling Niagara membuat jutaan orang dari setiap belahan dunia mengunjunginya setiap hari. Selain indah, air terjun ini juga bermanfaat sebagai pembangkit listrik.


2. Air Terjun Angel


Air terjun Angel atau Salto Angel adalah air terjun tertinggi di dunia. Air terjun ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela. Tingginya 979 meter atau  15 kali lebih tinggi dari air terjun Niagara. Air terjun yang bersumber dari aliran Sungai Rio Caroni ini dinamakan "Air terjun Angel" untuk mengenang penemunya, James Crawford Angel, penerbang Amerika yang kala itu terbang mencari lokasi tambang emas. Tapi, sebaliknya, Suku Indian Pemon justru menyebut air terjun ini sebagai "Auyan-tepui" yang berarti "Gunung Setan".

3. Air terjun Victoria



Air terjun Victoria merupakan air terjun terlebar di dunia. Bayangkan, lebar air terjun ini adalah 1,6 kilometer dan dengan ketinggian 128 meter. Air terjun ini terletak di Sungai Zambezi, yang pada saat ini membentuk perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe. Hal yang lebih menarik lagi, disana ada suatu tempat yang dikenal dengan nama The Devil's Swimming Pool. Sesuai namanya, kolam renang ini diyakini sebagai kolam paling berbahaya di dunia karena berada tepat di pinggir tepian air terjun. Kolam ini terbentuk karena deretan karang alami yang mencuat ke atas tepat di bibir jurang dan membentuk cekungan. 





EmoticonEmoticon