Keajaiban Dunia: Alam

Terdapat banyak keajaiban dunia yang bersifat alamiah. Pada halaman ini, SiMoti akan membahas tentang keajaiban-keajaiban tersebut:


Air Terjun Angel

Air terjun Angel atau Salto Angel adalah air terjun tertinggi di dunia. Air terjun ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela. Tingginya 979 meter atau  15 kali lebih tinggi dari air terjun Niagara. Air terjun yang bersumber dari aliran Sungai Rio Caroni ini dinamakan "Air terjun Angel" untuk mengenang penemunya, James Crawford Angel, penerbang Amerika yang kala itu terbang mencari lokasi tambang emas. Tapi, sebaliknya, Suku Indian Pemon justru menyebut air terjun ini sebagai "Auyan-tepui" yang berarti "Gunung Setan".


Air Terjun Niagara

Air Terjun Niagara adalah air terjun besar di Sungai Niagara yang berada di garis perbatasan antara negara Amerika Serikat dengan Kanada. Walaupun tidak terlalu tinggi, Niagara merupakan air terjun yang sangat lebar dan terkenal di dunia. Niagara terkenal akan pelangi indahnya yang melintang di tengah derasnya air terjun. Keindahan alam yang terdapat di sekeliling Niagara membuat jutaan orang dari setiap belahan dunia mengunjunginya setiap hari. Selain indah, air terjun ini juga bermanfaat sebagai pembangkit listrik.

 Air terjun Victoria

Air terjun Victoria merupakan air terjun terlebar di dunia. Bayangkan, lebar air terjun ini adalah 1,6 kilometer dan dengan ketinggian 128 meter. Air terjun ini terletak di Sungai Zambezi, yang pada saat ini membentuk perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe. Hal yang lebih menarik lagi, disana ada suatu tempat yang dikenal dengan nama The Devil's Swimming Pool. Sesuai namanya, kolam renang ini diyakini sebagai kolam paling berbahaya di dunia karena berada tepat di pinggir tepian air terjun. Kolam ini terbentuk karena deretan karang alami yang mencuat ke atas tepat di bibir jurang dan membentuk cekungan.


Antartika

Antartika merupakan benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi. Benua yang memiliki luas 13.200.000 km² ini adalah tempat terdingin di Bumi dengan suhu mencapai -90o C di musim dingin. Sepanjang tahun, hampir seluruh permukaan benua ini diselimuti es setebal rata-rata 2,5 kilometer. Hewan yang umum dijumpai di wilayah ini adalah pinguin. Pinguin adalah jenis burung yang tidak bisa terbang namun merupakan penyelam yang ulung. Hewan lainnya yang dapat bertahan hidup di sana adalah singa laut, anjing laut, dan ikan paus.


Aurora

Aurora adalah cahaya indah yang muncul di langit pada malam hari karena adanya interaksi antara medan magnetik bumi dengan angin matahari. Aurora memiliki berbagai macam bentuk, ada yang garis, melengkung, seperti lembaran, berbentuk tirai, busur, pita, dan berbagai macam bentuk lainnya. Aurora hanya muncul di daerah yang bersuhu rendah dengan kondisi cuaca yang cerah. Oleh karena itulah aurora biasanya hanya terjadi di daerah di sekitar Kutub Utara, Kutub Selatan, dan beberapa negara seperti Norwegia, Rusia, Finlandia, Kanada bagian utara, dan Alaska.

 Batu berjalan di Lembah Kematian

Lembah Kematian atau Death Valley adalah lembah kering yang berada di California, Amerika Serikat. Keistimewaan lembah ini adalah adanya beberapa batu lebih dari 100 kilogram yang seperti dapat bergerak sendiri. Pergerakan batu-batu di tempat terpanas kedua di dunia ini tercatat mencapai 318 meter per tahunnya. Pergerakan batu-batu tersebut meninggalkan bekas yang sangat jelas di permukaan batuan sedimen yang terbuat dari lumpur dan tanah liat. Hingga kini, belum ada penjelasan resmi bagaimana cara batu-batu besar itu bergerak.


Batu Giant's Causeway

Batu Giant's Causeway adalah kumpulan batu berbentuk segi enam beraturan yang terdapat di Skotlandia, Irlandia. Batu-batu tersebut terbentuk karena aliran lava dari gunung berapi yang mendingin secara pelahan. Diperkirakan, jumlah batu tersebut lebih dari 40.000 buah dengan berbagai variasi ketinggian. Batu tertingginya ada yang mencapai lebih dari 40 meter. Keajaiban alam ini telah dinobatkan menjadi salah satu situs warisan dunia (World's Heritage Site) oleh salah satu badan PBB, UNESCO, pada tahun 1986.


Batu Uluru (Ayers Rock)

Ayers Rock adalah monolit atau batu raksasa terbesar di dunia. Usianya diperkirakan lebih dari 3.000 juta tahun. Batu yang memiliki tinggi sekitar 348 meter ini terdapat di Taman Nasional UluruKata Tjuta, Australia. Hal yang unik dari Ayers Rock adalah warna bukit batunya yang bisa berubah tergantung dari posisi matahari, kondisi debu, kabut, dan kondisi-kondisi yang berhubungan dengan atsmosfer. Misalnya, ketika terkena sinar matahari sore tampak berwarna merah, sedangkan ketika musim hujan tampak berwarna perakabu-abu atau hitam. Bagi orang Aborigin, Ayers Rock atau yang penduduk setempat juluki Uluru, merupakan sebuah tempat yang suci.


Bendungan Berang-Berang

Untuk menghindar dari kejaran predatornya, hewan berang-berang sering membuat bendungan-bendungan kecil. Akan tetapi, bendungan berang-berang yang terdapat di kaki Pegunungan Alberta Birch, Kanada adalah bendungan buatan berang-berang terbesar di dunia. Bendungan yang terbuat dari pohon, lumpur, dan batu ini lebih panjang dari delapan lapangan sepak bola, yakni sekitar 850 meter. Karena ukurannya sangat besar, bendungan ini dapat dilihat dari ruang angkasa. Diperkirakan, beberapa generasi berang-berang telah membangun bendungan raksasa itu selama sekitar 35 tahun.


Danau Baikal

Danau Baikal yang terletak di Rusia adalah danau yang memiliki banyak keistimewaan. Pertama, danau ini adalah danau terdalam di dunia. Bagian terdalam danau ini mencapai 1.637 meter. Kedua, danau ini merupakan danau tertua di dunia. Diperkirakan usia danau ini adalah 25 juta tahun. Ketiga, danau ini memiliki air tawar terbanyak di dunia. Bahkan, volume air bersih yang ada di danau ini cukup besar, yakni mencapai seperlima dari total persediaan air bersih di dunia. Keempat, di danau ini terdapat 1550 spesies hewan dan 1085 tumbuhan. Bahkan, 1000 dari spesies tersebut tidak diketemukan di tempat lain.


Danau Plitvice

Danau Plitvice adalah danau tercantik di Eropa, bahkan di dunia karena dikelilingi oleh tiga gunung yang sangat indah. Danau ini terletak di sebuah taman nasional di Kroasia. Danau ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing curam yang membentuk ratusan air terjun kecil yang cantik. Warna air di danau ini sangat dikagumi karena warna khas airnya, biru, hijau, dan abu-abu senantiasa berubah mengikuti musim dan jumlah mineral di dalamnya. Danau seluas 217 hektare ini telah menjadi situs warisan dunia UNESCO sejak 1979.


Danau Vostok

Danau Vostok adalah danau yang terletak 4.000 meter di bawah permukaan lapisan es Antartika. Usia danau ini sangat tua, diperkirakan sama dengan usia dinosaurus jika masih hidup. Karena ditutupi lapisan es selama jutaan tahun, kandungan air yang terdapat di danau ini adalah air yang paling murni di Bumi. Luas danau ini adalah lebih dari 14.000 km2 dengan suhu rata-rata air -3°C. Kondisi ekstrem di Danau Vostok sangat mirip dengan kondisi Europa (bulan planet Jupiter) serta Enceladus (bulan planet Saturnus).



Grand Canyon

Grand Canyon adalah sebuah ngarai atau lembah yang dalam dan luas di antara dua tebing curam yang terletak di Colorado, Amerika Serikat. Ngarai terbesar di dunia ini terbentuk oleh aliran Sungai Colorado yang memotong sebuah selat selama jutaan tahun. Panjang ngarai ini kira-kira 446 kilometer, dengan lebar mulai dari 629 kilometer, dan kedalaman lebih dari 1.600 meter. Ngarai yang merupakan satu dari tujuh keajaiban dunia ini juga ditetapkan sebagai taman nasional pertama di Amerika Serikat.


Gua Hang Son Doong

Gua Hang Son Doong adalah gua terbesar di dunia. Saking besarnya, gua ini mampu memuat gedung bertingkat 40 lantai, karena memiliki tinggi lebih dari 240 meter. Gua yang memiliki panjang 3,8 kilometer, lebar 90 meter, ini terdapat di Vietnam. Bayangkan, di dalam gua ini terdapat hamparan hutan yang ditumbuhi berbagai pohon setinggi 30 meter. Gua ini juga memiliki tekanan angin dan sungai bawah tanah yang sangat besar. Sebagian penjelajah bahkan menyebut gua ini adalah gua tak berujung.


Gunung Everest

Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia. Gunung yang terletak di perbatasan Nepal dengan Tibet ini memiliki ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut. Gunung ini memiliki suhu yang sangat ekstrem, badai, dan tingkat ketersediaan oksigen yang rendah. Oleh karena itu, banyak pendaki gunung yang tewas setiap tahunnya di gunung ini. Puncak Everest tertutup oleh es dan gletser sepanjang tahun. Diperkirakan, gunung ini bertambah tinggi 36 mm setiap tahunnya akibat pergerakan lempeng.


 Gunung Paricutin

Gunung Paricutin adalah gunung berapi termuda yang muncul pada 1943. Gunung berapi ini benar-benar muncul dari dalam tanah di sebuah kebun jagung di Meksiko. Awal mula kemunculan gunung ini ditandai dengan adanya guncangan yang hebat dan tumbuhnya gundukan besar. Gundukan itu terus tumbuh dan mengeluarkan asap. Aktivitas ini terus terjadi selama delapan tahun sehingga penduduk di sekitarnya harus mengungsi. Pada tahun kedelapan, aktivitas tersebut berhenti. Gunung Paricutin pun mencapai ketinggian 424 meter dengan luas sekitar 25 km2.


Gurun Sahara

Gurun Sahara adalah nama sebuah padang pasir terbesar di dunia. Gurun dengan luas sekitar 9 juta km2 ini membagi benua Afrika menjadi dua, yakni Afrika Utara dan Afrika Selatan. Suhu gurun yang diperkirakan sudah berusia lebih dari 2,5 juta tahun ini kadang-kadang bisa mencapai 58oC. Hujan sangat jarang turun di daerah ini sehingga Sahara menjadi tempat yang sangat kering. Suhu siang hari di Sahara bisa sangat menyengat, tetapi sebaliknya pada malam hari suhunya bisa menusuk tulang karena terlalu dingin. Konon, gurun yang dikenal sebagai tempat terpanas di dunia ini dulunya adalah padang rumput dan hutan belantara.

Hutan Hujan Amazon


Hutan Hujan Amazon adalah dunia hutan hujan tropis terbesar di dunia. Hutan yang terletak di sembilan negara ini memiliki luas 7 juta km2. Hutan ini adalah rumah bagi berbagai spesies hewan dan tumbuhan. Hewan yang unik dan berbahaya banyak terdapat di sini, seperti belut listrik yang dapat menghasilkan kejutan setrum listrik, ikan piranha yang buas, katak beracun, kelawar vampire, bahkan ular anaconda yang panjangnya bisa mencapai 40 meter. Sayangnya, kini Hutan Amazon banyak yang ditebang untuk dijadikan ladang atau pemukiman.


Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef)

Karang Penghalang Besar atau Great Barrier Reef adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 kilometer. Karena sangat besar, kumpulan karang yang berada di Laut Koral, Australia ini dapat dilihat dari luar angkasa. Karang yang perairannya hangat dan jernih ini menjadi tujuan pariwisata yang sangat populer karena kekayaan hayati serta keterjangkauannya. Karena itu pula karang ini terpilih sebagai sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1981.


Kawah Meteor Barringer (Barringten Crater)

Kawah Meteor Barringer adalah kawah yang terbentuk akibat jatuhnya meteorit seberat 300 ribu ton dengan kecepatan 40.000 mil/jam di gurun utara Arizona, Amerika Serikat. Kawah yang pertama kali ditemukan pada 1920 oleh Daniel Barringer tersebut memiliki kedalaman 180 meter dan lebar satu kilometer. Konon, kawah meteor ini terbentuk sejak 50.000 tahun lalu. Kawah tersebut adalah kawah tabrakan benda luar angkasa yang pertama kali diidentifikasi dan kawah terbaik yang terawetkan hingga sekarang.


Kepulauan Galapagos

Galapagos adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari 13 pulau-pulau berapi dan bebatuan yang terletak di Samudra Pasifik. Konon, di kepulauan inilah Charles Darwin melakukan penelitian hingga menemukan teori seleksi alam. Nama kepulauan ini diambil dari nama kura-kura raksasa Galapagos yang telah bertahan selama ratusan tahun di sana. Galapagos terkenal karena jumlah spesies endemisnya yang besar seperti iguana darat, iguana laut, kura-kura raksasa, dan pinguin galapagos. Selain itu, kepulauan ini juga terkenal karena merupakan daerah gunung berapi paling aktif di dunia.

Laut Kaspia

Laut Kaspia merupakan kumpulan air terbesar di daratan, dengan luas permukaan 371.000 km². Oleh karena itu, daerah ini memiliki karakteristik yang dimiliki oleh laut dan danau. Laut yang sering disebut sebagai danau terbesar di dunia ini dikelilingi oleh lima negara besar, yakni Russia, Iran, Azerbaijan, Kazakhstan, dan Turkmenistan. Potensi Laut Kaspia yang luar biasa seperti kaya akan minyak dan gas alam serta kekayaan faunanya yang langka menyebabkan Laut Kaspia sempat menjadi sumber konflik negara-negara yang mengelilinginya.


Laut Mati

Tidak seseram namanya, Laut Mati merupakan sebuah danau besar yang terdapat di perbatasan antara Yordania dan bagian barat Palestina. Istilah laut digunakan karena danau ini sangat luas. Danau ini dinamakan laut mati sebab tidak ada bentuk kehidupan yang dapat bertahan di sana karena Laut Mati memiliki kandungan garam tertinggi di dunia, yakni sekitar 32%. Bahkan, kadar garam yang begitu besar ini dapat membuat hamper semua benda bisa mengapung di atasnya. Selain kandungan garam yang tinggi, material yang terdapat dalam Laut Mati juga diketahui memiliki efek untuk mempercantik kulit.





Laut Merah

Laut Merah adalah sebuah teluk di sebelah barat Jazirah Arab yang memisahkan benua Asia dan Afrika. Laut ini muncul karena pemisahan Jazirah Arab dari benua Afrika yang dimulai sekitar 30 juta tahun yang lalu dan masih berlanjut sampai sekarang. Laut ini disebut sebagai Laut Merah karena karena warnanya yang pada waktu-waktu tertentu terlihat merah jika dipandang dari atas. Penjelasan ilmiah menyebutkan bahwa warna merah di permukaan laut itu muncul akibat ganggang laut Trichodesmium erythraeum yang berkembang. Ada juga yang menjelaskan bahwa namanya berasal dari gunung yang kaya mineral di sekitarnya yang berwarna merah.


Palau

Palau adalah sebuah kepulauan di Samudra Pasifik, yang terdiri dari sekitar lima pulau besar dan 200 pulau kecil. Tempat yang dikenal sebagai salah satu dari tujuh keajaiban bawah air dunia ini menawarkan tempat yang indah untuk menyelam dan snorkeling. Palau penuh dengan terumbu karang, laguna biru, danau, dan pantai yang indah. Palau juga memiliki sebuah danau yang merupakan rumah dari ribuan ubur-ubur yang telah bermutasi dari ubur-ubur laut yang menyengat ke ubur-ubur air payau tanpa sengat sehingga manusia dapat berenang bersama tanpa takut terkena sengatannya.


Pulau Christmas

 Pulau Christmas adalah sebuah pulau negara Australia yang justru terletak di dekat Pulau Jawa, Indonesia. Pulau ini dinamakan Pulau Natal atau Pulau Christmas karena ditemukan tepat pada hari Natal. Keistimewaan pulau ini adalah alamnya yang indah dan jumlah fauna kepiting merahnya yang mengagumkan. Memasuki Oktober-Desember, ratusan juta kepiting merah melakukan migrasi besar-besaran melewati daratan kemudian masuk ke pantai guna mencari tempat bertelur. Pada saat itu, kepiting-kepiting berukuran antara 10-20 sentimeter ini akan berkeliaran ke mana-mana hingga menutupi got, jalan, rumah, pantai, dll.


Pulau Fraser

Pulau Fraser adalah pulau pasir terbesar di dunia dengan luas wilayah 160 ribu km2. Selain itu, pulau cantik ini juga merupakan pulau pasir tertinggi di dunia dengan bukit pasir tertingginya yang mencapai 240 meter. Pulau Fraser terletak di timur Australia, sekitar 200 kilometer dari Brisbane, Queensland. Pulau yang termasuk dalam Taman Nasional Great Sandy ini juga memiliki pemandangan samudra yang indah. Tidak hanya itu, pada saat-saat tertentu, paus-paus yang sedang bermigrasi juga dapat disaksikan di pulau ini.


Pulau Komodo

Pulau Komodo terletak di Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Sesuai dengan namanya, Pulau Komodo adalah pulau yang dikenal sebagai habitat asli hewan komodo (Varanus komodoensis). Di pulau ini, wisatawan dapat melihat hewan komodo yang merupakan spesies kadal terbesar di dunia dengan rata-rata panjang tubuhnya mencapai 3,13 meter dan beratnya mencapai 165 kilogram. Untuk melindungi komodo dari kepunahan, pada 1980 pemerintah menjadikan Pulau Komodo sebagai Taman Nasional Komodo. Kemudian pada tahun 1986, taman nasional ini diterima sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.


Samudra Pasifik

Samudra Pasifik atau Lautan Teduh adalah kumpulan air terbesar di dunia. Samudra ini memiliki luas sebesar 179,7 juta km² atau mencakup kira-kira sepertiga luas permukaan Bumi. Samudra yang disebut sebagai samudra terdalam di dunia ini juga memiliki banyak gunung-gunung laut yang aktif. Beberapa gunung lautnya bahkan melebihi tinggi Puncak Everest. Di Samudra ini juga terdapat titik terendah di muka bumi, yaitu Palung Mariana (kedalaman 11.022 meter) yang terdapat di Filipina.





Sungai Nil

Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia. Panjangnya lebih dari 6.650 kilometer. Bahkan, jika ditambah dengan sungai-sungai anakan di bagian hulu, panjangnya bisa mencapai lebih dari 6.990 kilometer, hampir tujuh kali panjang pulau Jawa. Sungai ini melintasi negara Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, dan Mesir. Sungai Nil mempunyai peranan sangat penting dalam peradaban, kehidupan, dan sejarah bangsa Mesir sejak ribuan tahun yang lalu karena kemampuannya dalam menghasilkan tanah subur sebagai hasil sedimentasi di sepanjang daerah aliran sungainya.




EmoticonEmoticon