Apa yang Disebut Bulan?




Bulan adalah satu-satunya satelit Bumi, dan Bulan telah mengorbit planet kita selama paling sedikit 4.000 juta tahun.  Bulan adalah bulatan dari batu dengan garis tengah sekitar 3.474 km, yang kira-kira seperempat ukuran Bumi. 

     Ilmuwan yakin bahwa Bulan terbentuk ketika planet lain dengan ukuran kira-kira sebesar Mars bertabrakan dengan Bumi.  Tabrakan itu melontarkan massa batu cair yang cukup besar ke ruang angkasa.  Batuan yang cair ini dengan cepat berubah bentuk 
menjadi bulatan, dan Bulan dengan cepat mendingin menjadi bentuk padatnya.  Permukaan Bulan penuh dengan lekukan yang terbentuk akibat benturan dari bebatuan seperti asteroid.  

        Bulan merupakan satu-satunya benda langit selain Bumi yang telah didarati oleh manusia.  Program Luna Uni Soviet adalah wahana pertama yang mencapai Bulan dengan pesawat ruang angkasa nirawak pada tahun 1959; program Apollo NASA Amerika Serikat merupakan misi luar angkasa berawak satu-satunya yang telah mencapai Bulan hingga saat ini, dimulai dengan peluncuran misi berawak Apollo 8 yang mengorbit Bulan pada tahun 1968, dan diikuti oleh enam misi pendaratan berawak antara tahun 1969 dan 1972, yang pertama adalah Apollo 11. Misi ini kembali ke Bumi dengan membawa 380 kg batuan Bulan, yang digunakan untuk mengembangkan pemahaman geologi mengenai asal usul, pembentukan struktur dalam, dan sejarah geologi Bulan.

         Setelah misi Apollo 17 pada 1972, Bulan hanya disinggahi oleh pesawat ruang angkasa nirawak. Misi-misi tersebut pada umumnya merupakan misi orbit; sejak tahun 2004, Jepang, Tiongkok, India, Amerika Serikat, dan Badan Luar Angkasa Eropa telah meluncurkan wahana pengorbit Bulan, yang turut bersumbangsih terhadap penemuan es air di kawah kutub Bulan. Pasca Apollo, dua negara juga telah mengirimkan misi rover ke Bulan, yakni misi Lunokhod Soviet terakhir pada tahun 1973, dan misi berkelanjutan Chang'e 3 RRC, yang meluncurkan rover Yutu pada tanggal 14 Desember 2013.



EmoticonEmoticon