Berapa JaraK Bulan ke Bumi?




Jarak Astronomi Bulan dari Bumi adalah jarak rata-rata yang merupakan hasil pengukuruan yang telah dilakukan atas Bulan yang tidak bulat sempurna. Adapun  pengukuran tersebut  berhasil ditetapkan dengan pasti setelah para astronot Apollo meninggalkan pemantul kecil di permukaan Bulan.  Laser dapat diarahkan ke pemantul ini, dan waktu yang diperlukan oleh cahaya laser untuk mencapai Bulan dan kembali lagi diukur.  

Karena cahaya mempunyai kecepatan konstan, kita dapat menghitung dengan tepat jarak Bulan dari Bumi.  Jaraknya 384.000 km, walaupun jarak ini sedikit bervariasi karena orbit Bulan bukan lingkaran yang sempurna.  



Skala perbandingan ukuran dan jarak Bumi-Bulan. Garis kuning merupakan perjalanan cahaya dari Bumi ke Bulan (sekitar 384.000 km ) dalam 1,26 detik.


Bulan menyelesaikan orbit lengkap mengelilingi Bumi setiap 27,3 hari sekali. Akan tetapi, karena Bumi bergerak pada orbitnya mengelilingi Matahari pada waktu yang bersamaan, dibutuhkan waktu yang sedikit lebih lama bagi Bulan untuk memperlihatkan fase yang sama ke Bumi, yaitu sekitar 29,5 hari. Tidak seperti kebanyakan satelit planet lainnya, orbit Bulan lebih dekat ke bidang ekliptika daripada ke bidang khatulistiwa planet. Orbit Bulan diperturbasi oleh Matahari dan Bumi dalam cara yang halus dan kompleks. Misalnya, bidang pergerakan orbit Bulan secara bertahap mengalami pergeseran, yang memengaruhi aspek pergerakan Bulan lainnya. Fenomena ini secara matematis dijelaskan oleh Hukum Cassini.


EmoticonEmoticon