UJI COBA UJIAN NASIONAL 2016
GUGUS 04 - BAHASA INDONESIA SMP
A. Pilihan Tunggal
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan
soal nomor 1 s.d 3!
Untuk menjaga kesehatan, kita tidak
cukup hanya minum vitamin. Olahraga juga penting. Melalui olahraga secara
rutin, aliran darah kita pun akan otomatis menjadi lebih lancar. Jantung kita
juga sehat. Selain itu, pikiran kita akan lebih segar setelah berolahraga.
Oleh karena itu, jika ingin sehat, rajinlah berolahraga!
|
1. Makna kata otomatis pada
teks tersebut adalah ….
A. perbuatan manusia
B. pergantian tenaga
C. dengan sendirinya
D. mengatur pekerjaan
2. Pernyataan yang sesuai isi
teks tersebut adalah …
A. Jika ingin sehat rajin-rajinlah berolahraga.
B. Olahraga berlebihan berbahaya bagi tubuh.
C. Aliran darah menjadi lancar berkat vitamin
D. Olahraga ringan dapat dilakukan setiap saat.
3. Simpulan isi teks tersebut adalah
...
A. Jika sudah minum vitamin sebaiknya jangan berolahraga.
B. Olahraga berat sangat diperlukan untk menjaga kesehatan tubuh
manusia
C. Dengan mengurangi kegiatan rutin berolahraga dapat menyehatkan
tubuh.
D. Untuk menjaga kesehatan selain minum vitamin juga harus rutin
berolahraga.
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan
soal nomor 4 s.d 6!
Pencemaran
lingkungan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pertama, pencemaran lingkungan
karena polusi udara dari kendaraan bermotor yang jumlahnya semakin lama
semakin bertambah banyak. Selain itu, pembuangan limbah industri dari pabrik
pabrik yang tidak sesuai dengan prosedur. Penyebab lainnya, perilaku
masyarakat sendiri yang sering membuang sampah sembarangan.
Pencemaran lingkungan tersebut dapat
mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Contohnya udara menjadi kotor dan
tidak sehat. Selain itu, menyebarnya berbagai virus dan bakteri atau
terjangkitnya wabah penyakit. Akibat lainnya, bencana banjir karena saluran
saluran air tersumbat oleh sampah.
|
4. Ide pokok paragraf pertama
teks tersebut adalah ….
A. penyebab pencemaran
B. pembuangan limbah
C. kendaraan bermotor
D. perilaku masyarakat
5. Kalimat utama paragraf
kedua teks tersebut terletak pada kalimat ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
6. Ringkasan teks tersebut
adalah …
A. Pencemaran lingkungan karena banyaknya jumlah kendaraan.
B. Pencemaran lingkungan mengakibatkan kerugian bagi masyarakat.
C. Penyebab pencemaran lingkungan dan akibat yang ditimbulkannya.
D. Bencana banjir karena saluran air yang tersumbat sampah.
7. Bacalah teks berikut!
(1) Kebijakan membawa handphone ke
sekolah menimbulkan pro dan kontra.
(2) Di satu sisi, merasa keberatan
karena khawatir handphone digunakan tidak sesuai dengan
fungsinya.
(3) Di sisi
lain, membawa handphone justru
memudahkan orang tua untuk berkomunikasi
dengan anak-anaknya.
(4) Dengan demikian, orang tua lebih
mudah mengontrol putra-putrinya.
|
Pendapat yang menyatakan
tidak setuju pada teks tersebut ditandai nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
8. Bacalah teks
berikut!
Teks
I
|
Teks
II
|
Di bagian dasar monumen pada kedalaman 3
meter di bawah permukaan tanah, terdapat museum sejarah nasional
Indonesia. Ruang besar museum sejarah perjuangan nasional dengan ukuran luas
80 x 80 meter, dapat menampung pengunjung sekitar 500 orang. Diorama itu
menggambarkan sejarah perjuangan hingga masa orde baru.
|
Tepat pukul 06.00 kami berkumpul di
lapangan sekolah. Setelah itu, mendapat pengarahan dari Kepala Sekolah. Pukul
07.30 pengarahan selesai, kami pun beranjak menuju bus masing-masing.
Perjalanan menuju Pantai Pangandaran diperkirakan selama 9 s.d 10 jam. Selama
perjalanan diisi dengan bernyanyi bersama.
|
Perbedaan pola penyajian
kedua teks tersebut diawali dengan urutan ….
Teks
I
|
Teks
II
|
|
A
|
waktu
|
tempat
|
B
|
tempat
|
Waktu
|
C
|
sebab-akibat
|
Waktu
|
D
|
akibat-sebab
|
tempat
|
9. Bacalah teks berikut!
(1)Pada buku ini,
gambar yang disajikan tidak berwarna sehingga bisa saja dapat menimbulkan
kurangnya minat para siswa dalam mengkaji buku tersebut. (2) Selain itu,
kualitas kertas buku yang digunakan juga kurang bagus sehingga mudah cacat
atau robek. (3)
Isi buku ini kurang
sistematis sehingga agk sulit untuk memahaminya. (4) Terlepas dari semua
kekurangan yang ada, buku ini tetap berperan dalam meningkatkan
mutu pendidikan yang meliputi aspek-aspek pengetahuan, keterampilan, sikap,
dan nilai-nilai.
|
Hal yang menyatakan
keunggulan pada teks tersebut ditandai dengan nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan
soal nomor 10 s.d. 13!
Selesai dari surau itu, ditemani sandal lusuh yang sudah hampir 1 tahun
ia gunakan, ia bergegas menuju rumah.
“Assalamualaikum,” ucapnya sembari mendorong daun pintu di sebuah gubuk kecil. “Waalaikumsalam,” sahut Fatimah. Fatimah kemudian menyodorkan piring berisi nasi yang baru matang dan menyuruhnya mengambil lauk di meja makan.
Setiap hari sambal dan tempe menjadi peneman nasi panas yang ibunya
berikan. Kesederhanaan itulah yang ia sukai, dia paham betul bahwa hidup
mewah karena harta orangtua itu hanya akan merusak masa depannya. Ia lebih
suka berjuang untuk meraih masa depannya sendiri daripada hanya menerima
keringat orangtuanya.
“Ibu, saya berangkat dulu, mohon doanya supaya saya bisa menjadi siswa yang cerdas,” ucapnya sambil menyium tangan ibunya. “Jadilah siswa yang cerdas dan berakhlak Nak karena hal itu akan sangat berguna,” jawab Fatimah. “Insya Allah, Bu. Anakmu ini adalah cerminan harapanmu, Bu.” jawabnya menenangkan hati Ibunya.
Sumber:Cerpenku/Jujur
Tidak Ancur
|
10. Watak tokoh Ibu pada kutipan teks tersebut adalah ….
A. penurut
B. pendiam
C. pemalu
D. penyayang
11. Amanat teks tersebut adalah …
A. Berjuang meraih masa depan secara mandiri!
B. Menggantungkan harapan masa depan kepada orang tua!
C. Mengharapkan kekayaan orang tua untuk jaminan masa depan!
D. Belajar hanya untuk menyenangkan kedua orang tua!
12. Latar tempat pada kutipan teks tersebut adalah di ….
A. sekolah
B. rumah
C. surau
D. jalan
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan
soal nomor 13 dan 14!
Bapak penjaga warnet itu menulis namanya dan mengetahui
hasilnya. “Selamat ya, Nak” ucap bapak itu dengan penuh kekaguman,
padahal semula sempat agak meremehkannya. “Apa saya lolos?”
“Iya, kamu diterima di Fakultas Pendidikan Dokter UGM, Nak.”
Pria itu seketika bersujud syukur, apa yang ia harapkan menjadi
kenyataan. Langkahnya sangat mantap menuju gubuk kecil tempat
tinggalnya. Sejuta kegembiraan menghias wajahnya. Sesampainya
di rumah, ibunya telah menyambut di depan pintu. Tanpa bertanya, ibunya
langsung mengucapkan selamat padanya. Ibu itu tahu arti senyuman di mukanya
meski belum dia bercerita sepatah kata pun.
Sumber:Cerpenku/Jujur
Tidak Ancur
|
13. Makna kata yang ditulis miring pada teks tersebut
adalah ....
A. sedih sekali
B. sangat senang
C. kecewa sekali
D. sedikit senang
14. Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah ….
A. penuh kekaguman
B. memberi selamat
C. meminta bantuan
D. melangkah mantap
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan
soal nomor 15 dan 16!
Pada awalnya Gajah mengelak atas tuduhan Semut Merah.
Ia mengatakan, “Tidak...itu bukan salahku, aku tidak merusak rumah-rumah
mereka. Tempat mereka membuat rumah-rumah tanah adalah jalurku berjalan. Aku
tidak tahu-menahu dengan semua itu.”
Tetapi Singa si Raja Hutan tak mempercayai ucapan Gajah yang terkesan mengada-ada. “Benarkah
itu Gajah?” tanya Singa penuh selidik. Karena didesak sedemikian rupa, Gajah
pun akhirnya mengakui kesalahannya. Ia mengangguk-angguk perlahan-lahan.
Kemudian diputuskan bahwa Gajah harus mencari rute perjalanan yang lain
supaya tidak merusak rumah-rumah Semut Merah. Gajah pun menyetujuinya dan
meminta maaf kepada Semut Merah. Mulai saat itu dan seterusnya, Gajah tidak
lagi lewat dan merusak rumah-rumah tanah Semut Merah. Semut-semut Merah pun
bisa hidup tenang. Kedamaian serta kerukunan di hutan belantara kembali
tercipta.
Diolah
dari sumber: http://www.ceritanakecil.com/2013/02/semut-merah-melawan-gajah.html
|
15. Penyebab terjadinya konflik pada
kutipan teks
tersebut adalah ...
A. Semut
sengaja memfitnah Gajah dan keluarganya.
B. Gajah tidak mau diajak
berdamai dengan Singa si Raja Hutan.
C. Raja Hutan tidak bersikap
adil saat menyelesaikan masalah Gajah dengan Semut.
D. Gajah
sengaja melewati rumah Semut Merah sehingga rumah tersebut rusak.
16. Akibat konflik yang terjadi pada
kutipan teks tersebut
adalah ...
A. Semut Merah berjanji tidak
akan menyakiti keluarga Gajah.
B. Gajah diadili oleh Raja
Hutan dan meminta maaf kepada Semut Merah.
C. Raja Hutan memberi hukuman
kepada Semut Merah untuk membuat jalan.
D. Gajah memaafkan Raja Hutan
dan mereka pun hidup damai berdampingan.
17. Bacalah kedua teks
berikut!
Teks
I
|
Teks
II
|
Di suatu hutan belantara hiduplah berbagai kelompok
hewan. Mereka hidup bersahabat, rukun, damai, aman dan sejahtera antara satu
dengan lainnya. Menjalani kehidupan di hutan belantara dengan bahagia. Tidak
saling mengganggu dan apabila salah satu dari mereka mengalami kesusahan
mereka suka saling tolong-menolong.
|
“Kawan-kawanku
setanah air dan seperjuangan, Gajah sudah sangat keterlaluan! Oleh
karena itu, kita harus membalas perlakuannya.
Setuju?” Suara
Kepala Pasukan terdengar lantang.
“Ya, setuju!”
Kompak terdengar suara-suara Semut Merah pekerja lain menanggapi usulan itu.
|
Perbedaan pola pengembangan
kedua teks tersebut adalah diawali dengan ….
Teks
I
|
Teks
II
|
|
A
|
pengenalan tokoh
|
pengenalan latar
|
B
|
pengenalan latar
|
aksi tokoh
|
C
|
aksi tokoh
|
pengenalan tokoh
|
D
|
pengenalan tokoh
|
aksi tokoh
|
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan
soal nomor 18 dan 19!
Suatu
hari, seekor singa menangkap seekor tikus dengan satu kakinya yang besar.
Tikus memohon supaya Singa mengasihinya dan tidak memakannya. Singa memberi
ampunan pada Tikus dan melepaskannya. Beberapa
hari berikutnya, Singa terkena jebakan jaring pemburu. Dia mengaum sehingga
suaranya terdengar di seluruh penjuru hutan. Tidak ada yang mendekat untuk
menolong Singa, kecuali seekor Tikus yang pernah dilepaskannya kemarin.
Dengan gigi tajamnya, Tikus itu menggigiti tali jaring yang menangkap Singa
hingga putus.
Akhirnya, Singa itu terbebaskan.
Sumber:
http://www.ceritanakecil.com/2014/03/cerita-fabel-singa-dan-tikus.html
|
18. Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah …
A. Cerita bagus karena menceritakan perbuatan yang baik akan mendapat
kebaikan pula.
B. Cerita kurang menarik karena menceritakan tentang kehidupan
binatang di hutan.
C. Cerita kurang bagus karena latar cerita berada di hutan belantara
yang sepi.
D. Cerita menarik dan bagus hanya latar tempatnya tidak tergambar
dengan jelas.
19. Tindakan terpuji Tikus pada teks tersebut adalah …
A. Memberi makanan dan minuman kepada Singa.
B. Membantu Singa lepas dari jaring perangkap.
C. Membiarkan Singa mengaum meminta pertolongan.
D. Memaafkan tindakan Singa yang sudah menyakiti anaknya.
20. Perhatikan kalimat berikut!
Empat pelajar
Indonesia […] medali emas pada Olimpiade Kimia Internasional di Rusia.
|
Kata yang
tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ….
A. meraih
B. mencari
C. mendukung
D. menghasilkan
21. Bacalah teks berikut!
Dalam
sarang lebah terdapat bilik-bilik yang menyerupai kamar-kamar dalam rumah.
[…] Bilik-bilik tersebut ada yang untuk menyimpan madu. Selain itu, juga
untuk menyimpan tepung sari. Tidak kalah pentingnya, bilik itu juga untuk
menyimpan telur lebah ratu.
|
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …
A. Bilik
itu untuk tempat peristirahatan lebah jantan dan lebah ratu.
B. Bilik-bilik
tersebut digunakan untuk bermacam-macam keperluan.
C. Sarang
lebah banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat.
D. Sarang
lebah juga dapat dimanfaatkan sebagai tambahan bahan obat.
22. Bacalah teks berikut!
(1) Penanganannya dapat melalui operasi
atau penambalan.
(2) Penyakit jantung bawaan pada anak
akan mengganggu tumbuh kembang anak.
(3) Hal tersebut disampaikan oleh ahli
penyakit jantung Rumah Sakit Siloam.
(4) Oleh karena itu, anak yang menderita
penyakit jantung bawaan perlu segera ditangani.
|
Susunan
kalimat tersebut supaya menjadi teks laporan yang tepat adalah …
A. (2)-(1)-(3)-(4)
B. (2)-(4)-(3)-(1)
C. (3)-(4)-(1)-(2)
D. (3)-(1)-(2)-(4)
23. Bacalah teks berikut!
Membuat Tauge Kacang Hijau
(1) Siapkan tempat persemaian dari karung beras di tempat
yang lembab!
(2) Hari keempat, tauge kacang hijau siap dipanen!
(3) Pertama, siapkan kacang hijau dan cuci hingga bersih!
(4) Setelah bersih, rendam kacang hijau selama 24 jam agar
mekar!
(5) Biarkan selama tiga hari digelar di tempat yang lembab!
(6) Kacang hijau yang sudah direndam, ditiriskan dan
digelar di atas karung beras!
|
Urutan kalimat-kalimat
tersebut agar menjadi petunjuk yang sistematis adalah ….
A. (3)-(5)-(4)-(1)-(2)-(6)
B. (3)-(4)-(1)-(6)-(5)-(2)
C. (5)-(3)-(2)-(1)-(6)-(4)
D. (5)-(4)-(1)-(3)-(2)-(6)
24. Bacalah teks berikut!
Ki Hajar Dewantara adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, lembaga yang
memberi kesempatan belajar kepada rakyat jelata. Ki Hajar
sejak kecil hidup bersahaja, tidak sombong, walaupun kaum bangsawan. beliau
tidak mau gelar raden mas-nya dicantumkan dalam namanya, agar lebih merakyat.
Ki Hajar juga dikenal sebagai penulis yang terkenal pedas mengritik Belanda.
Tulisannya yang terkenal adalah Seandainya Aku Seorang Belanda ‘Als
ik een Nederlander was.’
Diolahdari sumber http://www.biografipahlawan.com
|
Hal
yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah …
A. mendirikan Taman Siswa
B. bersahaja dan tidak sombong
C. menulis artikel untuk
Belanda
D. mencantumkan gelar
bangsawan
25. Bacalah teks berikut!
Bakat seni Benyamin sudah terlihat sejak anak-anak. Bakat seninya dari
pengaruh sang kakek, yaitu Saiti dan Haji Ung. Sifatnya yang periang,
pemberani, kocak, pintar dan disiplin, ditambah suaranya yang bagus
menjadikan Ben sering ditraktir teman-temanya. Berkat ketekunan dan bakatnya,
Benyamin sukses di bidang seni. Banyak penghargaan di bidang rekaman
musik, menulis lagu, perfilman, lawak, sinetron, dan lain-lain. Maka wajar
seniman Betawi ini dijuluki seniman serbabisa.
Diolahdari sumber http://www.biografiku.com
|
Keistimewaan
tokoh tersebut adalah …
A. menjadi seniman Betawi
B. pintar dan bersuara bagus
C. dijuluki seniman serbabisa
D. sejak kecil sudah berbakat
26. Bacalah teks berikut!
Membuat Seblak Nikmat
(1) Rebus kerupuk
mentah agar tidak keras dalam air yang mendidih! Sampai matang, tetapi jangan
terlalu lembek!
(2)+Haluskan bawang putih,
kencur, cabai rawit, garam, gula, dan royco!
(3) Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum lalu
tambahkan sedikit air!
(4) […]
(5) Aduk rata kerupuk tersebut!
(1) Setelah tercampur,
angkat, dan tuang seblak ke piring!
(2) Seblak siap disajikan!
|
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …
A. Haluskan bumbu yang disediakan!
B. Masukkan sosis yang telah diiris tipis!
C. Masukkan kerupuk yang telah direbus!
D. Angkat setelah tercampur rata dan sajikan!
27. Bacalah teks berikut!
Buku berjudul Bertanam Tomat dalam Pot
ini sangat bermanfaat baik bagi masyarakat. Dalam buku ini dijelaskan bagaimana proses menanam tanaman tomat dalam pot
secara sederhana. […] Jadi, bertanam tomat dalam pot mudah dipraktikkan bagi siapa
saja.
|
Kalimat
berisi keunggulan untuk melengkapi teks tersebut adalah …
A. Gambar yang disajikan tidak berwarna dan kurang jelas.
B. Langkah-langkah untuk penanaman tomat kurang sistematis.
C. Pemupukan dan perawatan tanaman tidak dijelaskan secara detail.
D. Bahasa yang digunakan ringan dan mudah dipahami bagi pembaca.
28. Perhatikan data-data berikut!
Museum
Jambi
- dibangun tahun 1981
- diresmikan 6 Juni 1988
- gaya arsitektur Kajang Loko
- ciri rumah adat masyarakat Jambi
|
Penulisan
teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut yang tepat adalah …
A. Museum ini dibangun tahun 1981 dan diresmikan pada tanggal 6
Juni 1988. Museum ini menyimpan
beraneka ragam benda peninggalan sejarah dan budaya Jambi.
B. Koleksi
yang terdapat dalam Museum Jambi dikelompokkan ke dalam
beberapa bagian, seperti: biologika, geologika, arkeologika, etnografika,
numismatika, heraldika, dan keramalogika.
C. Museum ini dibangun tahun 1981 dan diresmikan pada tanggal 6
Juni 1988. Bangunannya bergaya arsitektur Kajang Loko, yang menjadi ciri khas rumah
adat masyarakat Jambi.
D. Museum ini dibangun tahun 1981 dan diresmikan pada tanggal 6
Juni 1988. Bangunannya bergaya arsitektur Kajang Loko. Koleksinya bermacam-macam
tentang budaya dan adat masyarakat Jambi.
29. Perhatikan data-data berikut!
Judul : Pedoman Budidaya Tambak Udang
Penulis : Tim Karya Tani Mandiri
Penerbit : Nuansa Aulia
Tahun : 2009
Keunggulan:
· Isinya himpunan hasil penelitian para ahli
· Menambah wawasan tentang prospek usaha tambak udang
· Bahasa mudah dipahami dilengkapi gambar
Kelemahan:
Ukuran buku kecil dan tidak berwarna
|
Paragraf
resensi yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Buku ini menyajikan secara
lengkap proses para ahli menambah wawasan tentang prospek tambak yang dapat
dimanfaatkan pembaca. Penggunaan bahasa yang mudah dipahami memudahkan pembaca
untuk mencoba setahap demi setahap proses tersebut. Buku
ini dilengkapi ilustrasi gambar berwarna yang menarik.
B. Buku ini berisi himpunan
hasil penelitian para ahli yang menjelaskan secara lengkap teknik budidaya
udang mulai dari penentuan lokasi lahan tambak, pembibitan, pengolahan hingga
pengendalian penyakitnya. Buku ini dapat menambah wawasan pembaca bertambah
tentang prospek usaha tambak udang. Bahasa yang digunakan mudah dipahami.
Meskipun buku ini kecil dan tidak berwarna, tidak masalah karena buku ini
dilengkapi dengan gambar.
C. Tujuan penulis buku ini
ingin membuat pembaca termotivasi melakukan penelitian sederhana tentang usaha
tambak udang. Buku ini ditulis oleh peneliti dari berbagai institusi.
Dengan memanfaatkan media yang sederhana dapat menghasilkan udang berkualitas
dan jumlah maksimal.
D. Buku yang secara garis
besar menjelaskan bagaimana membuka tambak udang dalam kehidupan sehari-hari
dengan memanfaatkan hasil penelitian para ahli. Buku yang disarankan untuk
mereka yang senang meneliti karena dapat menambah wawasan. Selain itu, buku ini
juga dilengkapi dengan gambar berwarna.
30. Perhatikan kalimat berikut!
Berbagai upaya yang dilakukan
pemerintah belum berhasil mendorong laju melemahnya nilai tukar rupiah.
|
Kesalahan
penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah ...
A. berhasil
B. dilakukan
C. mendorong
D. melemahnya
31. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Semua para
siswa-siswa diharapkan membawa alat-alat kebersihan.
2) Bung Hatta adalah
Bapak Koperasi Indonesia.
3) Pangeran Diponegoro
wafat pada 8 Januari 1955.
4) Pada 1912 Ahmad
Dahlan mendirikan organisasi Muhammadiyah.
|
Kalimat
yang tidak efektif ditandai nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
32. Bacalah teks berikut!
(1)Gesang Martohartono
lahir di Surakarta, Jawa tengah, 1 Oktober 1917. (2) Beliau dikenal
sebagai “Maestro Keroncong Indonesia.” (3) Sungai Bengawan Solo meluap akibat
hujan semalaman. (4) Salah satu lagu ciptaannya yang terkenal “Bengawan Solo.”
Kalimat yang tidak padu
pada teks tersebut ditandai nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
33. Perhatikan kalimat berikut!
Buku ini dilengkapi
dengan […] yang menarik dan bahasa yang digunakan juga mudah dipahami.
|
Istilah
yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. jilid
B. tipis
C. kertas
D. ilustrasi
34. Perhatikan kalimat berikut!
Pertanian organik […] teknik
pengolahan dan pembudidayaan murni tanpa bahan-bahan kimia.
|
Kata
berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
A. menambahkan
B. menggunakan
C. meningkatkan
D. mengakibatkan
35. Perhatikan kalimat berikut!
Acara perpisahan
malam itu diakhiri dengan kegiatan […].
|
Kata
ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
A.
salam-salam
B.
salaman-salaman
C.
bersalam-salaman
D. bersalam-bersalam
36. Perhatikan kalimat berikut!
Musim penghujan
mengakibatkan banjir di beberapa daerah yang sangat merasakan masyarakat.
|
Perbaikan
kata merasakan pada kalimat tersebut yang tepat adalah ….
A. merugikan
B. mendapatkan
C. menjelaskan
D. mengupayakan
37. Bacalah teks berikut!
Buku Gus Dur Menjawab
Perubahan Zaman berisi pemikiran-pemikiran Kiai Haji Abdurrahman
Wahid atau Gus Dur yang telah tiada. Pemikiran-pemikiran yang beliau tuangkan
tersebut akan terus hidup dan relevan sebagai polusi dalam bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara.
|
Perbaikan
penggunaan istilah polusi pada teks tersebut yang tepat adalah ….
A. solusi
B. acuan
C. sosial
D. indikasi
38. Perhatikan kalimat berikut!
Selain itu, banyak
amanat-amanat yang terkandung dalam cerita itu memberi teladan yang sangat
baik sekali bagi pembaca.
|
Perbaikan
kalimat tersebut supaya menjadi kalimat efektif adalah menghilangkan kata …
A. banyak, sangat
B. banyak, amanat
C. sangat, sekali
D. sangat, pembaca
39. Bacalah teks berikut!
(1) Zat yang terkandung dalam asap akibat kebakaran hutan terbagi dalam
bentuk partikel dan gas. (2) Pemerintah seharusnya mengatasi kebakaran hutan.
(3) Sedangkan dalam gas terkandung karbon monoksida, karbon dioksida, sulfur
dioksida, dan hidrogen. (4) Semua bahan itu berpotensi menimbulkan kerusakan
jaringan paru yang sifatnya permanen.
|
Perbaikan
paragraf tersebut supaya menjadi padu adalah mengganti kalimat nomor (2)
menjadi ...
A. Kebakaran hutan
mengakibatkan punahnya flora dan fauna.
B. Banyak dampak negatif
yang ditimbulkan oleh kebakaran.
C. Kebakaran hutan
sebenarnya dapat dicegah dan dihindari.
D. Dalam partikel terkandung silikon, alumina, dan
oksida besi.
40. Perhatikan kalimat berikut!
Proses membuat
batik Jambi melahap waktu setengah bulan.
|
Alasan
ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah …
A. kata proses seharusnya produk
B. kata membuat seharusnya menyusun
C. kata melahap seharusnya memakan
D. kata waktu seharusnya selama
41. Perhatikan kalimat berikut!
Tere
Liye menyajikan cerita yang universal sehingga sangat mudah sekali diterima
pembaca dari semua kalangan.
|
Alasan
ketidakefektifan kalimat tersebut adalah …
A. Kata menyajikan tidak
diperlukan karena berlebihan.
B. Kata universal tidak
diperlukan sehingga dapat dihilangkan.
C. Kata sekali tidak
perlu digunakan karena sudah ada kata sangat.
D. Kata kalangan tidak
perlu ditulis karena berlebihan.
42. Bacalah teks berikut!
(1)
Affandi Koesoema yang lebih dikenal dengan Affandi lahir di Cirebon, Jawa
Barat. (2) Sejak kecil ia bercita-cita menjadi pelukis. (3) Kegiatan melukis
memerlukan seni yang tinggi. (4) Pada akhirnya, ia pun dikenal sebagai salah
satu pelukis yang produktif di tanah air.
|
Alasan
ketidakpaduan paragraf tersebut adalah karena kalimat nomor ….
A. (1) tidak berkaitan dengan kalimat (2), (3),
(4)
B. (2) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (3),
(4)
C. (3) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (2),
(4)
D. (4)tidak berkaitan dengan kalimat (1), (2),
(3)
43. Perhatikan kalimat berikut!
Setiap hari Senen
diadakan razia oleh Petugas Ketertiban.
|
Kesalahan
penggunaan ejaan pada kalimat tersebut pada kata .…
A. Senen
B. diadakan
C. razia
D. Petugas
44. Perhatikan kalimat berikut!
“Itu kebaikan Pak Jago saja dan jika
ia tidak berkokok, jangan disalahkan dong?” hardik Pak Kancil
membela Pak Jago.
|
Kesalahan
penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah …
A. tanda
tanya (,) seharusnya tanda seru (?)
B. tanda
tanya (,) seharusnya tanda koma (!)
C. tanda
titik (?) seharusnya tanda tanya (!)
D. tanda
titik (?) seharusnya tanda seru (.)
45. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Shinta lahir di
Rantau Rasau, Jambi, 14 Pebruari 2000.
(2) Sam Bimbo dikenal
dengan penyanyi yang relegius.
(3) Sejak Nopember
2016, ayahnya dirawat di rumah sakit Darmais.
(4) Jadual kunjungan
Presiden sudah diatur oleh protokoler.
|
Penggunaan
ejaan yang tepat pada kalimat tersebut ditandai dengan nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
46. Perhatikan kalimat berikut!
Maafkan saya Saya menyesali
kecerobohan yang kami lakukan ungkap Pak Kerbau.
|
Penggunaan
tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah …
C. “Maafkan saya. Saya
menyesali kecerobohan yang kami lakukan ungkap Pak Kerbau.”
D. “Maafkan saya. Saya
menyesali kecerobohan yang kami lakukan, ungkap Pak Kerbau.
E. “Maafkan saya. Saya
menyesali kecerobohan yang kami lakukan,” ungkap Pak Kerbau.
F. “Maafkan saya. Saya
menyesali kecerobohan yang kami lakukan?” ungkap Pak Kerbau.
47. Perhatikan kalimat berikut!
Pemerintah
menetapkan tanggal 25 Nopember diperingati sebagai hari guru.
|
Perbaikan
ejaan pada kalimat tersebut yang
tepat adalah …
A. Pemerintah menetapkan tanggal 25 Nopember diperingati sebagai hari
Guru.
B. Pemerintah menetapkan tanggal 25 Nopember diperingati sebagai Hari
Guru.
C. Pemerintah menetapkan tanggal 25 November diperingati sebagai hari
guru.
D. Pemerintah menetapkan tanggal 25 November diperingati sebagai hari
Guru.
48. Perhatikan kalimat berikut!
Peserta ujian harap
membawa alat-alat tulis pensil pulpen dan penghapus?
|
Perbaikan
penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
A. Peserta ujian harap membawa alat-alat tulis pensil, pulpen, dan
penghapus.
B. Peserta ujian harap membawa alat-alat tulis, pensil, pulpen, dan
penghapus.
C. Peserta ujian harap membawa alat-alat tulis: pensil, pulpen dan
penghapus.
D. Peserta ujian harap membawa alat-alat tulis: pensil, pulpen, dan
penghapus.
49. Perhatikan teks berikut!
Berita musibah
banjir menjadi topik berita di surat kabar Republika.
|
Alasan
ketidaktepatan penggunaan ejaan pada teks tersebut adalah ….
A. Kata topik seharusnya
ditulis topic supaya sesuai kaidah EYD.
B. Kata berita seharusnya ditulis warta berita karena nama diri.
C. Kata surat kabar seharusnya ditulis Surat Kabar karena diikuti nama diri.
D. Kata Republika seharusnya
ditulis dengan cetak miring Republika.
50. Perhatikan kalimat berikut!
“Non Vira mau roti atau nasi goreng!” tanya Bi Nimas.
|
Alasan
ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ….
A. tanda seru (!) tidak tepat digunakan seharusnya tanda (,)
B. tanda seru (!) setelah kata goreng diganti tanda koma (,)
C. tanda seru (!) setelah kata goreng sudah tepat penggunaannya
D. tanda seru (!) tidak tepat digunakan karena bukan kalimat perintah
EmoticonEmoticon