Uji
Coba Ujian Nasional 2016
1. Bacalah teks berikut!
Pelestarian
keanekaragaman hayati dan ekosistem cenderung masih dipandang penghambat
pertumbuhan ekonomi. Padahal, konservasi berpengaruh terhadap sektor ekonomi, yakni menekan risiko bencana yang merugikan serta bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pendapatan.
pertumbuhan ekonomi. Padahal, konservasi berpengaruh terhadap sektor ekonomi, yakni menekan risiko bencana yang merugikan serta bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pendapatan.
Makna
kata konservasi pada teks tersebut adalah ....
A. pengamatan dan penelitian
B. pemeliharaan dan perlindungan
C. kedisiplinan dan ketaatan
D. ketahanan dan kecermatan
2. Bacalah teks berikut!
Meningkatkan
minat baca kini sangat diperlukan. Keadaan dunia yang semakin mengglobal secara
tidak langsung telah memaksa kita untuk mempertajam pengamatan kita terhadap
informasi-informasi yang beredar. Selain itu, keadaan ini juga menuntut kita
untuk memperbaiki kualitas diri. Salah satu kunci untuk mencapai beberapa hal
tersebut adalah dengan membaca.
Pernyataan
yang sesuai dengan teks tersebut adalah ....
A. Dunia memaksa kita untuk membaca.
B. Kurangnya kesadaran kita untuk membaca.
C. Kita perlu memperbaiki kualitas diri.
D. Perlunya meningkatkan minat baca.
3. Bacalah teks berikut!
Banyak
cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan otak, baik cara yang
sederhana atau yang agak sulit. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan otak
adalah dengan menjauhi diri dari merokok dan mengomsumsi obat-obatan terlarang
(narkoba). Hal ini dikarenakan kedua bahan tersebut akan merusak fungsi-fungsi
otak.
Simpulan
isi paragraf tersebut adalah ....
A. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan otak
kita.
B. Narkoba merupakan obat terlarang yang harus
dijauhi.
C. Jauhi rokok dan narkoba agar otak kita tetap
sehat.
D. Jagalah kesehatan tubuh terutama otak kita.
4. Bacalah teks berikut!
Ada
dua jenis belajar, yaitu belajar secara aktif dan secara reaktif (pasif).
Indikator belajar secara aktif adalah belajar pada setiap situasi, menggunakan
kesempatan untuk meraih manfaat, berupaya terlaksana, dan partisipatif dalam
setiap kegiatan. Indikator belajar reaktif adalah tidak dapat melihat adanya
kesempatan belajar, mengabaikan kesempatan, membiarkan segalanya terjadi, dan
menghindar dari kegiatan.
Prinsip belajar yang harus diterapkan
berdasarkan indikator belajar aktif adalah memosisikan siswa sebagai subjek belajar. Kegiatan belajar
dikondisikan untuk “melakukan-mengomunikasikan”. Dengan demikian , kecerdasan
emosional siswa dapat berkembang, seperti kemampuan sosialisasi, empati, dan
pengendalian diri. Hal ini bisa terlatih melalui kerja individu-kelompok,
diskusi, presentasi, tanya-jawab, sehingga terpupuk rasa tanggung jawab dan
disiplin diri.
Ide
pokok paragraf pertama teks tersebut adalah ....
A. Belajar secara aktif
B. Jenis-jenis belajar
C. Prinip belajar aktif
D. Siswa sebagai subjek
5. Kalimat utama pada paragraf kedua
teks di atas adalah ....
A. kalimat pertama
B. kalimat kedua
C. kalimat ketiga
D. kalimat keempat
6. Bacalah teks berikut kemudian
kerjakan soal nomor 6 dan 7
Wortel
merupakan salah satu sayuran yang paling populer di dunia. Wortel sering
digunakan dalam berbagai masakan seperti sup ayam atau salad. Wortel mengandung
sekitar 88% air, 7% gula, 1% serat, 1% abu, dan 0,2 % lemak. Wortel kaya akan
antioksidan, mineral, dan sejumlah nutrisi lainnya yang baik bagi kesehatan
tubuh.
Sayuran wortel ini ternyata juga sangat
nikmat jika dibuat jus. Manfaat jus wortel bagi kesehatan tubuh antara lain
menjaga kesehatan mata, mencegah rabun senja, mencegah penyakit kanker, dan
menghilangkan racun dalam tubuh. Selain dibuat jus, wortel juga berguna untuk obat tradisional, misalnya
mengomati demam pada anak, menghilangkan nyeri saat haid, dan menyembuhkan luka
bakar.
Ringkasan
teks tersebut adalah ....
A. Wortel merupakan sayuran yang menyehatkan
bagi tubuh.
B. Wortel merupakan sayuran yang enak dan bisa dibuat jus.
C. Wortel merupakan sayuran terkenal yang kaya
manfaat.
D. Wortel merupakan sayuran yang kaya manfaat dan
terkenal.
7. Isi tersirat teks tersebut adalah
...
A. Wortel mengandung banyak nutrisi yang baik
bagi makhluk hidup.
B. Berbagai penyakit dapat dicegah dan
disembuhkan dengan wortel.
C. Wortel sangat bagus dan wajib
dikonsumsi untuk kesehatan manusia.
D. Wortel
dapat digunakan untuk menyembuhkan semua penyakit.
8. Bacalah kedua teks berikut!
Teks I
|
Teks II
|
Tol
Surabaya-Mojokerto baru saja diresmikan
oleh Presiden Joko Widodo. Sebetulnya, tol tersebut sudah 21 tahun tidak
selesai karena masalah pembebasan lahan. Pembebasan lahan merupakan
suatu tantangan. Berkat kerja keras,
kini tol berhasil diresmikan.
|
Pesawat
jet Flydubai jatuh di Rusia Selatan, Sabtu, 19 Maret 2016 dini hari,
menewaskan 62 penumpang dan awak pesawat seluruhnya. Pesawat saat itu mencoba mendarat dalam cuaca buruk
di kota Rostov-on-Don.
|
Perbedaan
penggunaan bahasa kedua kutipan tersebut adalah ...
Teks I
|
Teks II
|
|
A
|
Menggunakan
konjungsi sebab akibat
|
Menggunakan
konjungsi penanda waktu
|
B
|
Menggunakan
bahasa baku
|
Menggunakan
bahasa santai
|
C
|
Menggunakan
konjungsi sebab akibat
|
Menggunakan
keterangan waktu
|
D
|
Menggunakan
keterangan waktu
|
Menggunakan
konjungsi akibat
|
9. Bacalah teks berikut!
(1)Sekilas
novel Perahu Kertas tampak standar dan biasa-biasa saja karena bertemakan
tentang cinta. (2) Ternyata novel ini bukan hanya bercerita tentang cinta,
namun banyak unsur lain yang mendukung sehingga novel Perahu Kertas ini
dianggap begitu inspiratif dan edukatif, seperti tentang mimpi, persahabatan,
dan kekeluargaan. (3) Penggambaran tokoh, latar, dan alur yang jelas membuat
para pembaca bermain dengan dunia imajinasinya. (4) Pembaca membayangkan yang
terjadi dalam ceritanya seperti dalam dunia nyata.
Kalimat yang menyatakan keunggulan buku
novel tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
10. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Keadaan
kota kian gelap, mentari perlahan meringkuk ke peristirahatannya sementara
waktu. Keelokan langit sore tergambar indah pada cakrawala barat. Induk burung
beterbangan menuju sarangnya, berharap buah hatinya puas akan makanan yang
telah dibawanya. Hiruk-pikuk kota semakin padat. Tiap insan berlomba untuk
segera tiba di rumah dan menikmati ketenangan, mandi dengan air hangat. Di sisi
lain, jalan protokol yang kian padat ini, tepat di pinggir jalan ini, sosok
yang telah seharian memelas dan menyeret separuh tubuhnya itu mengambil duduk
sejenak.
Makna
kata cakrawala pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. pandangan
B. pemandangan
C. keindahan
D. kaki langit
11. Bacalah kutipan fabel berikut
kemudian jawablah soal nomor 11-13!
....
Pada hari berikutnya, Pak Kijang bertemu dengan Pak Kerbau. Mereka menceritakan
kejadian yang telah mereka alami kemarein. Selagi mereka asyik membahas masalah
yang menimpa keluarga mereka yang sudah pasti disebabkan oleh si nakal Kelinci,
tiba-tiba terdengarlah suara teriakan si Kelinci dari kejauhan, “Tolong, saya
dikejar-kejar Pak Singa, Pak Singa ngamuk! Tolooong, tolooong, tolooong!” tapi
tidak ada yang peduli, “Ah, paling-paling si Kelinci lagi-lagi membohongi
kita,” pikir mereka sambil tertawa melihat si Kelinci.
Dengan sekuat tenaga si Kelinci
melompat-lompat lari seribu langkah menghindari kejaran maut dari Pak Singa,
tapi apalah daya, Pak Singa pasti selalu lebih cepat larinya.
Makna
tersurat dari kutipan fabel tersebut adalah ....
A. Singa lebih cepat lari daripada kelinci
B. Kerbau dan kijang adalah sahabat karib
C. Kelinci adalah binatang yang suka membual
D. Kerbau dan kijang benci kepada kelinci
12. Makna simbol pada kata yang
dicetak tebal pada kutipan fabel
tersebut adalah ....
A. lari sejumlah seribu langkah
B. lari dengan kecepatan tinggi
C. lari dengan rasa ketakutan
D. lari dengan melompat seribu kali
13. Makna tersirat kutipan fabel
tersebut adalah ....
A. Bila kita mendapat masalah hendaknya
mengatasi sendiri.
B. Hidup rukun dengan sesama sangat
menyenangkan.
C. Kita harus hidup jujur supaya dipercaya
orang lain.
D. Kita harus menolong sesama yang kekurangan.
14. Bacalah kutipan fabel berikut!
“Mm...
terima kasih ya kau mau menolongku, padahal aku telah menghinamu,” ujar
kupu-kupu kepada Lalat.
“Tidak apa kok, sudahlah kau tiduran
saja. Biar aku dapat mengobati sayapmu yang patah,” kata Lalat.
Hari
terus berganti akhirnya Kupu-kupu telah pulih kembali. Ia dapat terbang ke mana
ia suka. Namun, Kupu-kupu yang sekarang telah berbeda dengan Kupu-kupu yang
lama. Ia kini mau berteman dengan siapa saja. Teman-temannya pun memaafkan perbuatan dia yang lalu.
Kupu-Kupu telah menyadari bahwa
kecantikannya itu hanya pemberian dari Allah AWT. Ia mau berteman dengan siapa
saja karena tanpa teman ia tak bisa berbuat apa-apa.
Koda pada kutipan fabel tersebut
adalah ....
A. Kupu-kupu
mengucapkan terima kasih atas pertolongan yang dilakukan oleh Lalat.
B. Kupu-kupu
senang karena sudah sembuh dari sakitnya sehingga dapat terbang kembali.
C. Teman-temannya
mau memaafkan perbuatan yang dilakukan Kupu-kupu pada masa lalu.
D. Kupu-kupu
menyadari perbuatannya dan sekarang
mau berteman dengan siapa saja.
15. Bacalah kutipan cerita berikut!
Pada
suatu hari, ketika matahari mulai condong ke barat, seekor serigala benar-benar
datang dan memangsa domba si anak gembala. Dengan ketakutan, anak gembala itu
berlari ke arah kampung dan berteriak, “Serigala! Serigala!
Sayangnya, walaupun mendengarnya
berteriak, orang-orang di kampung itu tidak datang untuk membantunya. “Dia
tidak akan bisa menipu kita lagi,” kata mereka. Serigala itu akhirnya berhasil
memangsa banyak domba si anak gembala lalu lari masuk ke hutan.
Latar
yang tampak pada cerita tersebut adalah ...
A. siang hari di hutan
B. sore hari di hutan
C. siang hari di kampung
D. sore hari di kampung
16. Bacalah teks cerita berikut
kemudian jawablah pertanyaan nomor 16 dan 17!
Pikiran
Yuni tetap tak beralih dari kartu-kartu pos yang ingindibacanya. Malam itu juga
ia mengajak ibunya mengambil kartu-kartu itu kembali dari gudang. Tetapi ibu
menasihati, kalau sudah larut malam dan sebaiknya kartu-kartu itu dicari esok
hari saja. Yuni sebenarnya tidak bisa menerima, tetapi apa boleh buat. Ia
sadar, ia harus banyak beristirahat setelah pulang dari rumah sakit.
Konflik
yang terdapat pada kutipan tersebut adalah ....
A. Keinginan
Yuni mengambil kembali kartu pos di gudang, tetapi dia sadar harus
beristirahat.
B. Pikiran
Yuni tertuju pada kartu pos yang ingin dibaca di gudang, tetapi dilarang oleh
ibunya.
C. Yuni
bermaksud mencari kartu pos yang berada di gudang, tetapi ibunya tidak
membantu.
D. Yuni
ingin ibunya membantu mengambilkan kartu pos yang disimpan di gudang, namun
sudah malam.
17. Akibat konflik yang terjadi pada
kutipan tersebut adalah ....
A. Yuni tetap memaksa ibunya mencarikan kartu
pos di gudang.
B. Meskipun hatinya tidak menerima, Yuni tetap
beristirahat.
C. Yuni tidak mau istirahat karena masih ingin
membaca kartu pos.
D. Yuni kesal kepada ibunya dan ia tidak
istirahat walaupun larut malam.
18.
Bacalah teks berikut!
Teks I
|
Teks II
|
Hujan
lebat menerpa Jepang, menyebabkan banjir besar sejak Kamis (10/9), menumbang-kan
pepohonan, merusak fondasi rumah, serta memaksa lebih dari 100 ribu orang
meninggalkan rumah mereka. Helikopter berputar di atas tanah berlumpur,
menyela-matkan banyak orang dari atap rumah mereka. CNN melaporkan satu orang
tewas, sementara 22 lainnya dinyatakan hilang.
|
Kota
Joso di utara Tokyo dihantam empasan air bah setelah arus sungai Kinugawa
meluap. Helikopter-helikopter tim penyelamat menjemput banyak warga yang
menyelamat-kan diri ke atap-atap rumah. Seorang warga dilaporkan hilang dan
setidaknya 12 orang terluka. Hujan lebat mengguyur sehari setelah badai
tropis membawa angin kencang berkekuatan 125 km/jam ke kawasan Aichi.
|
Perbedaan
penyajian kedua teks tersebut adalah ....
Teks I
|
Teks II
|
|
A
|
sebab-akibat
|
akibat-sebab
|
B
|
akibat-sebab
|
sebab-akibat
|
C
|
akibat-sebab
|
tempat
|
D
|
tempat
|
sebab-akibat
|
19. Bacalah teks berikut!
Teks I
|
Teks II
|
Dahulu
kala di tengah-tengah hutan yang sangat lebat di atas bukit terdapat sebuah desa yang dihuni oleh aneka
ragam serangga. Mereka hidup tentram, rukun, dan damai. Mereka juga tidak
pernah saling mengganggu. Ada keluarga kupu-kupu yang tinggal di atas pohon.
Pak Kumbang dan keluarganya tinggal di dalam sarang yang tergantung di dahan
pohon besar.
|
“Hai,
kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu.
Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini!”
Sang
semut selalu membanggakan dirinya yang
bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang
lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa dirinya yang paling hebat.
Si Kepompong hanya diam saja mendengar
ejekan tersebut.
|
Perbedaan
penggunaan bahasa kedua teks tersebut
adalah ....
Teks I
|
Teks II
|
|
A
|
latar
tempat digambarkan tersirat
|
latar
tempat digambarkan secara jelas
|
B
|
diawali
dengan ungkapan lama
|
diawali
dengan peribahasa
|
C
|
menggunakan
kata ganti
|
menggunakan
kata sandang
|
D
|
menggunakan
kata penunjuk
|
menggunakan
kata ganti
|
20. Bacalah kutipan cerita berikut
kemudian jawablah soal no. 20 dan 21
Di
sebuah hutan yang sangat luas hiduplah seekor singa yang ganas. Suatu hari sang
singa ganasitu membuat peraturan bahwa dia tidak akan berburu binatang hutan.
Sebagai gantinya harusada binatang di sekelilingnya yang suka rela menjadi
mangsanya.
Pada hari pertama setelah peraturan itu
diberlakukan datanglah seekor kelinci. Sambil terengah-engah kelinci itu minta
maaf kepada sang singa yang ganas itu.
“Maaf sang raja, saya datang terlambat.
Ada singa lain yang tadi memburu saya,” kata kelinci. Kemudian, singa yang
ganas itu mengangguk-angggukkan kepala dan langsung menyahut, “Mana singa yang
mengejarmu? Akan kuhabisi dia sekarang juga.”
“ Ya sang raja, dia ada di dalam sumur
itu.”
Akhirnya,
binatang-binatang itu menjadi lega. Berkat kecerdikan kelinci, sang singa yang
ganas itu masuk ke dalam sumur dan tidak ada lagi pemangsa di hutan itu.
Komentar
yang tepat terhadap isi cerita tersebut adalah ....
A. Isi
cerita sangat bagus, hanya tidak ada pesan moralnya karena hanya berupa cerita
fantasi.
B. Isi
cerita bagus karena menggunakan bahasa yang mudah dipahami danmengandung
kiasan.
C. Isi
cerita kurang begitu bagus karena tidak ada konflik di dalamnya sehingga kurang
menarik.
D. Isi
cerita bagus karena mengajarkan kepada kita untuk cerdik dalam menghadapi masalah.
21. Komentar yang tepat terhadap
pengembangan cerita pada no.20 adalah ...
A. Pola
pengembangan cerita tersebut dimulai dengan menampilkan masalah. Masalah
tersebut memuncak sampai puncak
ketengangan dan diakhiri koda.
B. Pola
pengembangan cerita dimulai dengan orientasi lalu diikuti pemunculan masalah.
Masalah tersebut sampai pada puncak ketegangan, resolusi, dan solusi.
C. Pola
pengembangan cerita tersebut dimulai dengan menampilkan masalah. Masalah
memuncak sampai puncak ketegangan, diikuti resolusi, dan solusi.
D. Pola
pengembangan cerita tersebut dimulai dengan orientasi, kemudian mucul masalah.
Masalahnya dapat diatasi dengan nasihat dari tokoh. Cerita diakhiri dengan
koda.
22. Bacalah kutipan cerpen berikut!
“Hani!
Kenapa kamu lakukan itu? Kamu kan tahu aku ingin sekali pergi ke konser itu?”
bentak Tina via telepon. Hani yang baru saja bangun karena suari dering dari
handphone-nya hanya bisa mengelus dadanya karena kaget. Jantungnya berdegup
kencang. Matanya kemudian melihat keluar jendela. Semburat sinar matahari sudah
berubah menjadi oranye.
Tersadar dari lamunannya, Hani melihat
kembali nama penelepon yang terpampang di layar teleponnya. “Umm, Tina,
memangnya aku melakukan apa?” tanya Hani bingung.
“Hani, kamu jangan pura-pura tidak tahu.
Kamu kan yang bilang sama ayahku kalau besok kita bukan pergi ke perpustakaan
tapi ke konser band favoritku,” jawab Tina ketus.
“Tidak kok. Aku tidak bilang apa-apa ke
ayahmu. Aku kan belum sempat pergi ke rumahmu. Aku juga tidak tahu nomor
telepon rumah dan handphone ayahmu,” ujar Hani agak kesal.
“Tapi, kalau bukan kamu, siapa lagi.
Kita kan hanya pergi ke konser berdua,” kata Tina dengan suara pelan.
“Tidak tahu. Tanyakan saja kepada
ayahmu,” balas Hani yang langsung menutup teleponnya.
Komentar
yang tepat terhadap penggunaan bahasa kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Kutipan
cerpen tersebut tidak ada satu pun konjungsi yang digunakan sehingga antarkalimat tidak
ada hubungannya.
B. Kutipan
cerpen tersebut banyak menggunakan kata tidak baku karena cerpen termasuk karangan nonfiksi.
C. Kutipan
cerpen banyak menggunakan kalimat tidak langsung sehingga isi ceritanya kurang
menarik bagi pembacanya.
D. Kutipan
cerpen tersebut banyak menggunakan kalimat langsung dan kata-kata tidak baku agar
menarik dan mudah dipahami.
23. Perhatikan kalimat berikut!
Untuk
menarik perhatian penonton, banyak artis Indonesia yang ....rambutnya dengan warna pirang
seperti bule.
Kata
yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. mencat
B. mengecat
C. mencet
D. mengecet
24. Bacalah petunjuk berikut!
Petunjuk
Cara Pendaftaran Masuk ke SMA Bumi
Nusantara
(1) Waktu
pembelian formulir pendaftaran 10-25 Mei 2016.
(2) ....
(3) Pembelian
formulir dapat diwakilkan dan uang yang telah disetor tidak dapat dikembalikan.
(4) ....
(5) Pengembalian
formulir pendaftaran tidak dapat diwakilkan.
Isian yang tepat untuk nomor (2) dan (4)
adalah ....
A. (2)
Menanyakan kepada panitia tentang
pengembalian formulir.
(4)
Pengembalian formulir pendaftaran terakhir tanggal 10-15 Mei 2016
B. (2)
Mempelajari keadaan sekolah dengan membaca petunjuk pendaftaran.
(4)
Pengembalian formulir pendaftaran 6-10 Mei 2016.
C. (2)
Membayar biaya pembelian formulir Rp50.000,00.
(4)
Pengembalian formulir pendaftaran tanggal 1-15 Juni 2016.
D. (2)
Pendaftaran tidak dikenakan biaya administrasi.
(4)
Pengembalian formulir pendaftaran 7-15 Mei 2016.
25. Bacalah petunjuk berikut!
Langkah-langkah
membuat tas dari kardus bekas:
(1) Beri
lubang untuk pegangan kemudian beri tali, tas cantik dari kardus bekas siap
digunakan!
(2) Jahit
semua sisi kardus dengan menggunakan tali rafia dan jarum kasur!
(3) Setelah
digunting, bungkus sekeliling kardus bagian luar dengan kertas kado sampai
rapi!
(4) Setelah
semua sisi dijahit, masing-masing sisi dijadikan satu dengan cara dijahit pula!
(5) Gunting
kardus sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan!
(6) Bungkus
kembali dengan menggunakan plastik transparan putih agar lebih awet dan tahan
lama.
Agar
menjadi petunjuk yang runtut, urutan yang tepat adalah ....
A. (2), (1), (4), (6), (5), (3)
B. (2), (4), (5), (6), (1), (3)
C. (5), (3), (6), (2), (4), (1)
D. (5), (2), (4), (3), (6), (1)
26. Perhatikan kalimat berikut!
Untuk
mengembalikan daerah pegunungan yang gundul, pemerintah melakukan [...] agar
tidak terjadi tanah longsor maupun banjir bandang.
Kata
yang tepat untuk melengkapi kalimat
tersebut adalah ....
A. urbanisasi
B. reboisasi
C. rehabilitasi
D. regenerasi
27. Bacalah teks berikut!
Di
tengah kondisi perlambatan ekonomi, peluang tetap harus dicari. Untuk
Indonesia, peluang itu tersimpan dalam beberapa sektor ekonomi. [...] Dalam
dunia pariwisata, keindahan serta
kekayaan alam dan budaya Indonesia sudah banyak diakui masyarakat
internasional.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. Pariwisata penyumbang devisa terbesar.
B. Salah satunya kegiatan pariwisata.
C. Kegiatan pariwisata merupakan kegiatan
menarik.
D. Destinasi wisata Indonesia bervariasi.
28. Bacalah teks berikut!
Buku
ini ditulis dengan bahasa yang lugas, santai, dan beroroentasi pada keluarga.
Buku ini sangat cocok dibaca oleh para orang tua. Kalimat-kalimat sugestif yang
ada pada buku ini sangat bermanfaat dan dapat mereka terapkan dalam kehidupan
sehari-hari.
[...]
Namun, terlepas dari kekurangan yang
ada, buku ini layak dimiliki oleh semua kalangan khususnya orang tua yang
menginginkan anaknya menjadi pribadi yang baik.
Paragraf
yang tepat untuk mengisi bagian rumpang teks tersebut adalah ....
A. Desain
gambar animasi yang banyak terdapat dalam buku ini justru menjadi kekurangan
buku ini. Selain itu, ada banyak istilah dalam bahasa asing yang umumnya sukar
dipahami oleh para orang tua.
B. Orang
tua kurang memahami isi buku ini. Hal ini
disebabkan tidak adanya waktu untuk membaca. Oleh karena itu orang tua perlu
meluangkan waktu untuk membaca dan mendalaminya.
C. Dalam
buku ini dijelaskan pentingnya orang tua memiliki kecerdasan emosional dan
kecerdasan spiritual yang tinggi. Hal tersebut dapat digunakan untuk membantu
dalam mendampingi perkembangan anak.
D. Buku
ini merupakan hasil belajar penulis dari suatu universitas terkenal. Buku ini
banyak animasi yang menarik dan bahasanya mudah dipahami. Dengan demikian,
orang tua bisa mendampingi perkembangan anaknya.
29. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Sambil
menikmati matahari yang tenggelam perlahan, di sini aku disuguhkan oleh
pemandangan bersahaja yang tidak aku jumpai di kotaku. Ya, pemandangan
bersahaja yang memberikan kedamaian bagi siapa saja yang melihatnya. Seorang
Bapak Gembala dengan gerombolan kerbaunya tengah bermain air. Dengan sabar, Pak
Gembala memandikan satu per satu kerbaunya.
Tak ada kerbau yang disakiti.
Setelah bermain air, gerombolan kerbau
berjalan tertib dengan barisan yang rapi
seolah tahu membuat barisan.
“ Ah ..., andai aku dapat menikmati
pemandangan bersahaja seperti ini setiap hari...”
Tiba-tiba lamunanku terusik oleh suara
yang tak asing lagi, yaitu suara pamanku yang memanggilku untuk segera pulang
karena hari sudah gelap.
Cerita
dengan sudut pandang yang berbeda dari kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Sambil
menikmati matahari yang tenggelam perlahan, di sini kita disuguhkan oleh
pemandangan bersahaja yang tidak kita jumpai di kota. Ya, pemandangan bersahaja
yang memberikan kedamaian bagi siapa saja yang melihatnya. Seorang
Bapak Gembala dengan gerombolan kerbaunya tengah bermain air. Dengan sabar, Pak
Gembala memandikan satu per satu kerbaunya.
Tak ada kerbau yang disakiti.
Setelah
bermain air, gerombolan kerbau berjalan tertib
dengan barisan yang rapi seolah tahu membuat barisan.
“
Ah ..., andai kita dapat menikmati pemandangan bersahaja seperti ini
setiap hari...”
Tiba-tiba
lamunannya terusik oleh suara yang tak asing lagi, yaitu suara pamannya yang
memanggil untuk segera pulang karena hari sudah gelap.
B. Sambil
menikmati matahari yang tenggelam perlahan, di sini saya disuguhkan oleh
pemandangan bersahaja yang tidak saya jumpai di kota saya. Ya, pemandangan
bersahaja yang memberikan kedamaian bagi siapa saja yang melihatnya. Seorang
Bapak Gembala dengan gerombolan kerbaunya tengah bermain air. Dengan sabar, Pak
Gembala memandikan satu per satu kerbaunya.
Tak ada kerbau yang disakiti.
Setelah
bermain air, gerombolan kerbau berjalan tertib
dengan barisan yang rapi seolah tahu membuat barisan.
“
Ah ..., andai saya dapat menikmati pemandangan bersahaja seperti ini
setiap hari...”
Tiba-tiba
lamunan saya terusik oleh suara yang tak asing lagi, yaitu suara paman saya
yang memanggil saya untuk segera pulang karena hari sudah gelap.
C. Sambil
menikmati matahari yang tenggelam perlahan, di sini beta disuguhkan oleh
pemandangan bersahaja yang tidak beta jumpai di kota beta. Ya, pemandangan
bersahaja yang memberikan kedamaian bagi siapa saja yang melihatnya. Seorang
Bapak Gembala dengan gerombolan kerbaunya tengah bermain air. Dengan sabar, Pak
Gembala memandikan satu per satu kerbaunya.
Tak ada kerbau yang disakiti.
Setelah
bermain air, gerombolan kerbau berjalan tertib
dengan barisan yang rapi seolah tahu membuat barisan.
“
Ah ..., andai beta dapat menikmati pemandangan bersahaja seperti ini
setiap hari...”
Tiba-tiba
lamunan beta terusik oleh suara yang tak asing lagi, yaitu suara paman beta
yang memanggil beta untuk segera pulang karena hari sudah gelap.
D. Sambil
menikmati matahari yang tenggelam perlahan, di sini dia disuguhkan oleh
pemandangan bersahaja yang tidak dia jumpai di kotanya. Ya, pemandangan
bersahaja yang memberikan kedamaian bagi siapa saja yang melihatnya. Seorang
Bapak Gembala dengan gerombolan kerbaunya tengah bermain air. Dengan sabar, Pak
Gembala memandikan satu per satu kerbaunya.
Tak ada kerbau yang disakiti.
Setelah
bermain air, gerombolan kerbau berjalan tertib
dengan barisan yang rapi seolah tahu membuat barisan.
“
Ah ..., andai dia dapat menikmati pemandangan bersahaja seperti ini
setiap hari...”
Tiba-tiba
lamunan dia terusik oleh suara yang tak asing lagi, yaitu suara pamannya yang
memanggilnya untuk segera pulang karena hari sudah gelap.
30. Cermatilah dta-data teks laporan!
• Lomba Mading Antarkelas
• Meningkatkan kreativitas siswa
• Siswa SMP Cinta Bangsa
• Dalam rangka mempringati hari Pendidikan
Nasional, 2 Mei 2016
• 17 kelas
• Juara
I kelas 9A dengan jumlah nilai 454. Juara II kelas 8C dengan jumlah nilai 435.
Juara III kelas 8E dengan jumlah nilai 430
Teks
laporan sesuai dengan data tersebut adalah ....
A. Lomba
mading antar kelas telah dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Pendidikan
Nasional tanggal 2 Mei 2016. Lomba tersebut bertujuan meningkatkan minat dan bakat
siswa SMP Cinta Bangsa. Lomba diikuti oleh 17 kelas dengan hasil: juara III
kelas 8E dengan jumlah nilai 430. Juara II dari kelas 8C dengan jumlah nilai
435 dan juara I kelas 9A dengan jumlah nilai 454.
B. Lomba
mading antar kelas telah dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Pendidikan
Nasional tanggal 20 Mei 2016. Lomba tersebut bertujuan meningkatkan
kreativitas siswa SMP Cinta Bangsa.
Lomba diikuti oleh 17 kelas dengan hasil: juara III kelas 8E dengan jumlah
nilai 430. Juara II dari kelas 8C dengan jumlah nilai 435 dan juara I kelas 9A
dengan jumlah nilai 454.
C. Lomba
mading antar kelas telah dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Pendidikan
Nasional tanggal 2 Mei 2016. Lomba tersebut bertujuan meningkatkan
kreativitas siswa SMP Cinta Bangsa.
Lomba diikuti oleh 17 kelas dengan hasil: juara III kelas 8C dengan jumlah
nilai 430. Juara II dari kelas 8E dengan jumlah nilai 435 dan juara I kelas 9A
dengan jumlah nilai 454.
D. Lomba
mading antar kelas telah dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Pendidikan
Nasional tanggal 2 Mei 2016. Lomba tersebut bertujuan meningkatkan
kreativitas siswa SMP Cinta Bangsa.
Lomba diikuti oleh 17 kelas dengan hasil: juara III kelas 8E dengan jumlah
nilai 430. Juara II dari kelas 8C dengan jumlah nilai 435 dan juara I kelas 9A
dengan jumlah nilai 454.
31. Perhatikan kalimat berikut!
Karena
hujan yang lebat dan disertai angin kencang, rumah –rumah yang ada di sekitar
bantaran sungai tumbang dan lenyap dibawa banjir bandang.
Kesalahan
penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah ....
A. (1) bantaran, (2) tumbang
B. (1) Kencang, (2) lenyap
C. (1) tumbang, (2) lenyap
D. (1) lenyap, (2) bandang
32. Perhatikan kalimat-kalimat
berikut!
(1) Para hadirin sekalian dimohon berdiri untuk
mengikuti doa pembukaan.
(2) Walau badan kurang sehat, saya tetap mengikuti
ujian sekolah.
(3) Anak-anak disuruh maju ke depan untuk
mengerjakan soal di papan tulis.
(4) Motivasi yang kurang akan melemahkan semangat
belajar siswa
Kalimat
yang tidak efektif ditandai dengan nomor ...
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (1) dan (3)
D. (3) dan (4)
34. Bacalah teks berikut!
(1)Kebahagiaan
tidak semata-mata ditentukan oleh banyaknya uang yang dimiliki oleh seseorang.
(2)Uang memang penting untuk hidup, tetapi kebahagiaan seseorang tidak bergantung
pada uang. (3)Uang adalah segalanya
dalam hidup ini. (4)Jika kebahagiaan bergantung pada uang, pastilah hanya orang
kaya saja yang menikmatinya. (5)Kenyataannya tidaklah demikian. (6)Banyak orang
kaya, tetapi hidupnya tidak bahagia. (7)Sebaliknya, banyak orang miskin, tetapi
hidupnya bahagia.
Kalimat
yang tidak padu pada paragraf tersebut ditandai nomor ....
A. (1)
B. (3)
C. (5)
D. (7)
35. Perhatikan kalimat berikut!
Program-program
OSIS memerlukan [...] agar dapat dipahami oleh seluruh siswa di sekolah itu
sehingga akan lebih mudah terwujud karena didukung oleh semua pihak.
Istilah
yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. sosialisasi
B. kompensasi
C. organisasi
D. despensasi
36. Perhatikan kalimat berikut!
Basuki
Abdullah adalah pelukis realis dan naturalis, yang bukan saja [...] apa yang
tampak oleh mata, tetapi juga apa yang terlihat oleh perasaannya.
Kata
berimbuhan yang tepat untuk melengkapi
kalimat tersebut adalah ....
A. menulis
B. menuliskan
C. dilukiskan
D. melukiskan
37. Perhatikan kalimat berikut!
Kedua
pelajar yang baru saja keluar dari
gerbang sekolah itu terlibat dalam perselisihan sehingga mereka [
...]akibat terbawa emosi.
Kata
ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang adalah ....
A. saling pukul-memukul
B. pukul- memukul
C. saling memukul-mukul
D. memukul-mukul
38. Perhatikan kalimat berikut!
Budaya
hidup bersih tidak sulit dipakai apabila kita membiasakan pola hidup bersih dan
sehat.
Perbaikan
kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut yang tepat adalah ....
A. digunakan
B. dikenakan
C. diterapkan
D. diteladani
39. Perhatikan kalimat berikut!
Kecukupan
gizi anak angkanya dalam setiap kelompok
usianya berbeda
Perbaikan
kalimat tersebut adalah ....
A. Angka kecukupan gizi anak berbeda di setiap kelompok usianya.
B. Kecukupan gizi anak angkanya berbeda setiap
anak dalam setiap kelompok usianya.
C. Angka kecukupan gizi anak dalam setiap
kelompok usianya berbeda.
D. Kecukupan gizi angkanya berbeda setiap anak
dalam kelompok usianya
39. Bacalah teks berikut!
(1)Zat
yang terkandung dalam asap akibat kebakaran hutan terbagi dalam bentuk partikel
dan gas. (2) Pemerintah seharusnya mengatasi kebakaran hutan. (3) Sedangkan
dalam gas terkandung karbon monoksida, karbon dioksida, sulfur dioksida, dan hidrogen. (4) Semua
bahan itu berpotensi menimbulkan
kerusakan jaringan paru yang bersifat permanen.
Perbaikan
paragraf tersebut supaya menjadi padu adalah mengganti nomor (2) menjadi ....
A. Dalam partikel terkandung silikon, alumina, dan oksida besi.
B. Partikel adalah sesuatu yang sangat baik
bagi kesehatan tubuh manusia.
C. Dalam asap
terkandung silikon, alumina, dan oksida besi.
D. Banyak
kandungan asap yang berupa gas
dan artikel.
40. Perhatikan kalimat berikut!
Kegiatan
pagelaran musik SMP Mater Dei sangat tepat untuk meningkatkan kreativitas siswa
dalam berkesenian.
Alasan
ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah ....
A. Kata kegiatan seharusnya pelaksanaan
B. Penulisan kata pagelaran seharusnya
pergelaran
C. Penulisan kata aktivitas seharusnya
kreatifitas
D. Penulisan kata berkesenian seharusnya
kesenian
41. Perhatikan kalimat berikut!
Kegiatan
ekstrakurikuler jurnalistik di sekolah sangat bermanfaat sekali guna untuk
melatih keterampilan menulis siswa.
Alasan
ketidakefektifan kalimat tersebut adalah karena berlebihan menggunakan kata
....
A. kegiatan dan sangat
B. bermanfaat dan sekali
C. sangat dan sekali
D. sekali dan guna
42. Bacalah teks berikut!
(1)Di
seluruh dunia di mana terdapat lautan, maka rumput laut dapat ditemukan.
(2)Rumput laut muncul dalam berbagai varietas. (3)Rumput ini termasuk ke dalam
kelompok besar tumbuhan air yang disebut alga. (4)Tetapi tumbuhan ini
mengandung pigmen hijau yang disebut klorofil. (5) Jadi mereka dapat
dibudidayakan di mana saja. (6) Alasan mengapa tumbuhan ini tidak tampak hijau
adalah karena seringkali tertutup oleh pigmen lain.
Ketidakpaduan
teks tersebut karena terdapat kalimat (5) yang tidak padu dengan alasan ....
A. Kalimat (5) tidak merupakan penjelasan dari
salah satu bagian kalimat (4).
B. Kalimat (5) hanya membicarakan masalah budi
daya rumput laut.
C. Kalimat (5) tidak mengikuti aturan sebuah
kalimat yang baik.
D. Kalimat (5) terlepas dari pembicaraan pokok
teks tersebut.
43. Perhatikan kalimat berikut!
Karena ibu akan memasak gudeg, ibu menyuruh saya
untuk membeli gula Jawa di Pasar Ciputat.
Kesalahan
penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah
A. kata ibu seharusnya Ibu
B. kata gudeg seharusnya gudek
C. kata gula seharusnya Gula
D. kata Jawa seharusnya jawa
44. Perhatikan kalimat berikut!
“Mengapa Anda tidak mengerjakan semua soal ujian itu
dengan sungguh- sungguh!”kata Pak Ahmad.
Kesalahan
penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah....
A. tanda seru (!) seharusnya tanda titik (.)
B. tanda seru (!) seharusnya tanda koma (,)
C. tanda seru (!) seharusnya tanda tanya (?)
D. Tanda titik (.) seharusnya tanda tanya (?)
45. Perhatikan kalimat-kalimat
berikut!
(1) Provinsi Banten terdapat Suku Baduy.
(2) Ibu membelikan anak-anaknya asinan Bogor.
(3) Ibu Anna menjelaskan kepada murid-muridnya
tentang hirarki gereja.
(4) Sekolah kami mengadakan pertandingan
futsal antarkelas.
Penggunaan
ejaan yang tepat pada kalimat tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
46. Perhatikan kalimat berikut!
“Walau
hujan deras, petir menyambar-nyambar dan jalanan licin aku tetap datang pada
pesta ulang tahunmu.” Kata Bruno.
Penggunaan
tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ....
A. “Walau
hujan deras, petir menyambar-nyambar dan jalanan licin, aku tetap datang pada
pesta ulang tahunmu,” kata Bruno.
B. “Walau
hujan deras, petir menyambar-nyambar dan jalanan licin, aku tetap datang pada
pesta ulang tahunmu.” Kata Bruno.
C. “Walau
hujan deras, petir menyambar-nyambar, dan jalanan licin, aku tetap datang pada
pesta ulang tahunmu.” Kata Bruno.
D. “Walau
hujan deras, petir menyambar-nyambar, dan jalanan licin, aku tetap datang pada
pesta ulang tahunmu.
47. Perhatikan kalimat Berikut!
Dr.
Seto Mulyadi yang biasa di kenal sebagai kak Seto adalah psikolog anak dan
Pembawa Acara Televisi yang tinggal di lebak bulus, Jakarta Selatan.
Perbaikan
penggunaan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah ....
A. Dr.
Seto Mulyadi yang biasa di kenal sebagai
Kak Seto adalah psikolog anak dan pembawa acara televisi yang tinggal di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.
B. Dr.
Seto Mulyadi yang biasa di kenal sebagai Kak Seto adalah Psikolog Anak dan
Pembawa Acara Televisi yang tinggal di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.
C. Dr.
Seto Mulyadi yang biasa dikenal sebagai Kak Seto adalah psikolog anak dan
pembawa acara televisi yang tinggal di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.
D. Dr.
Seto Mulyadi yang biasa dikenal sebagai Kak Seto adalah Psikolog Anak dan
Pembawa Acara Televisi yang tinggal di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.
48. Perhatikan kalimat berikut!
Para
guru ingin semua muridnya berhasil dengan baik. Akan tetapi mereka sering kali
tidak mampu menggunakan waktu dengan bijaksana sehingga nilai yang
didapatkan kurang maksimal, kata Pak
Kirjo.
Perbaikan
penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah ....
A. “Para
guru ingin semua muridnya, berhasil dengan baik. Akan tetapi, mereka sering
kali tidak mampu menggunakan waktu dengan bijaksana, sehingga nilai yang
didapatkan kurang maksimal, kata Pak Kirjo.”
B. “Para
guru ingin semua muridnya berhasil dengan baik. Akan tetapi, mereka sering kali
tidak mampu menggunakan waktu dengan bijaksana sehingga nilai yang didapatkan
kurang maksimal,” kata Pak Kirjo.
C. “Para
guru ingin semua muridnya berhasil dengan baik. Akan tetapi mereka sering kali
tidak mampu menggunakan waktu dengan bijaksana, sehingga nilai yang didapatkan
kurang maksimal,” kata Pak Kirjo.
D. “Para
guru ingin semua muridnya berhasil dengan baik. Akan tetapi ,mereka sering kali
tidak mampu menggunakan waktu dengan bijaksana, sehingga nilai yang didapatkan
kurang maksimal,” kata Pak Kirjo.
49. Perhatikan kalimat berikut!
Jalur penerbangan langsung dari Jakarta ke
Silangit di buka oleh Presiden Joko Widodo dengan harapandapat menghidupkan
wisata Danau Toba dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dari sektor
pariwisata.
Alasan
ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ....
A. Kata wisata seharusnya ditulis Wisata karena diikuti nama tempat.
B. Kata Presiden seharusnya ditulis presiden
supaya sesuai kaidah EYD.
C. Penulisan di buka seharusnya ditulis dibuka
karena di berupa imbuhan.
D. Penulisan
pariwisata seharusnya ditulis Pariwisata karena mengikuti kata sektor.
50. Perhatikan kalimat berikut!
Meskipun
tubuhnya telah rapuh akibat penyakit yang dideritanya, Chrisye terus
menciptakan lagu lagu indah untuk kita nikmati. Jiwa seninya terus berkobar
meskipun ia sakit. Bisa jadi, lagu-lagu yang Anda nikmati sekarang adalah hasil
karyanya saat ia sakit.
Alasan
penggunaan tanda baca koma (,) pada kalimat pertama paragraf tersebut adalah
....
A. Tanda
baca koma (,) pada kalimat tersebut digunakan karena induk kalimat mendahului
anak kalimat.
B. Tanda
baca koma (,) pada kalimat tersebut digunakan karena anak kalimat mendahului
induk kalimat.
C. Tanda
baca koma(,) pada kalimat tersebut digunakan untuk mengambil napas pada saat
membaca.
D. Tanda
baca koma (,) pada kalimat tersebut digunakan untuk memisahkan antara kalimat
yang satu dengan kalimat yang lain.
EmoticonEmoticon