Apa yang Disebut Udara?





Udara adalah campuran gas yang terutama terdiri dari oksigen dan nitrogen, dan menopang semua kehidupan di bumi.  Awan dan sistem cuaca juga terbatas sampai troposfer.  Semakin ke atas udara menjadi semakin tipis.  Dalam stratosfer, terdapat lapisan ozon yang membantu menyaring  radiasi dari matahari, yang berbahaya bagi kehidupan.  

Udara menyelimuti bagian yang lebih padat dari planet kita terdapat lapisan atmosfer bumi.  Sebagian besar udara yang kita hirup ketika bernapas termampatkan menjadi lapisan paling bawah, atmosfer.  

Udara tidak tampak mata, tidak berbau, dan tidak ada rasanya. Kehadiran udara hanya dapat dilihat dari adanya angin yang menggerakan benda. Udara termasuk salah satu jenis sumber daya alam karena memiliki banyak fungsi bagi makhluk hidup.

Udara ini dihirup oleh makhluk hidup. Kandungan oksigen dalam udara dibutuhkan oleh makhluk hidup. Apabila makhluk hidup bernapas, kandungan oksigen berkurang, sementara kandungan karbon dioksida bertambah. Ketika tumbuhan menjalani sistem fotosintesa, oksigen kembali dibebaskan.


EmoticonEmoticon