Apa yang Disebut Gunung Berapi?




Gunung berapi adalah gunung yang memiliki kawah aktif. Gunung berapi memiliki lubang menuju kerak Bumi di mana lava cair,  batu yang merah panas, uap air, dan asap keluar.  

  Kita biasanya  berpikir bahwa gunung berapi sebagai gunung yang berasap yang meledak dengan ledakan keras, namun sebagian besar gunung berapi hanya berupa retakan dalam kerak tempat lava mengalir terus-menerus. 

    
Jenis gunung berapi yang lebih dikenal mempunyai pipa tunggal di tengah dan melalui pipa ini lava mencapai permukaan,  membentuk kerucut ketika menjadi dingin.  Kerucut itu terdiri  dari lapisan-lapisan lava dan abu vulkanis.  Di situ biasanya ada  kawah dan kadang-kadang memuntahkan segumpal lava, dan letusan  dramatis jarang terjadi. 
     
Beberapa gunung berapi memiliki letusan  yang sangat dahsyat sehingga debu yang disemburkan mengakibatkan kegelapan di banyak bagian benua. Beberapa memiliki letusan yang cukup besar yang mengakibatkan bencana pada daerah di sekitarnya.
    
        Gunung berapi dapat muncul di daratan tetapi beberapa yang lain  muncul di tengah laut. Indonesia juga memiliki gunung berapi yang berada di tengah laut, yaitu Gunung  seperti Gunung Krakatau. Jika gunung berapi di tengah laut meletus, guncangannya dapat mengakibatkan gelombang tsunami.


EmoticonEmoticon