Apakah kita dapat tinggal di Venus?





Perbandingan Permukaan Venus dan Bumi


Venus adalah sebuah planet yang penampakannnya berbatu seperti bumi. Ukuran dan massanya pun hampir sama dengan bumi sehingga Venus seringkali disebut sebagai "saudara kembar bumi". Diameter Venus tercatat sebesar 12.092 km (hanya lebih kecil 650 km daripada Bumi) dan massanya kurang lebih 81,5% dari massa Bumi. 

Namun demikian, keadaan di permukaan Venus sangat berbeda dengan Bumi. Perbedaan ini terutama disebabkan oleh atmosfer tebal Venus yang terdiri dari 96,5% karbon dioksida dan 3,5% nitrogen.

Para penulis fiksi ilmiah berpikir bahwa kehidupan mungkin ada di bawah awan tebal yang menutupi Venus.  Kita sekarang mengetahui bahwa kondisi di sana terlalu ekstrem untuk kehidupan seperti yang kita kenal.  

Namun, saat Robot wahana ruang angkasa telah mendarat di Venus dan mempelajari atmosfernya, pada umumnya terdiri dari karbon dioksida dan asam sulfat yang beracun. Kita tidak mungkin dapat hidup pada kondisi demikian.

 Kita tidak dapat melihat permukaan planet menembus atmosfernya yang tebal, namun 
cukup banyak cahaya matahari yang sampai menembus, sehingga menaikkan temperatur permukaan sampai 462 derajat C.  Atmosfer pada Venus ini memantulkan cahaya matahari, membuat Venus amat cerah bila dilihat dari Bumi.  



EmoticonEmoticon