Mengapa Mars Berwarna Merah?

Kenampakan Planet Mars


Planet Mars merupakan salah satu planedalam Tata Surya kita. Namun, mengapa planet ini tampa merah?

Mars tampak merah karena permukaannya terturup oleh gurun berbatu-batu yang mengandung banyak besi oksida. Suatu saat Mars pernah mempunyai atmosfer yang mengandung oksigen, dan mempunyai lembah tempat dahulu mungkin dialiri air. Namun sekarang oksigen dan air itu terikat dalam endapan besi berkarat, dan planet 
ini nyaris tidak mempunyai atmosfer. 

Permukaan kutup Mars tertutup oleh sedikit hamparan es yang kemudian menjadi lebih besar ketika terjadi musim dingin di Mars.  Es ini mungkin mengandung air dan karbon dioksida beku.  Mungkin dalam tudung es ini terdapat cukup air untuk mendukung misi ruang angkasa manusia ke Mars. 

Beberapa sumber menyatakan bahwa Mars memiliki jari-jari sekitar setengah dari jari-jari Bumi. Materi planet ini tidaklah terlalu kurang padat bila dibandingkan dengan Bumi, dan hanya mempunyai sekitar 15% volume dan 11% massa Bumi. 

Luas permukaannya lebih kecil dari jumlah wilayah kering di Bumi. Mars lebih besar daripada Merkurius, tetapi Merkurius lebih padat. Akibatnya kedua planet mempunyai tarikan gravitasi yang hampir mirip di permukaan. Kenampakan permukaan Mars yang merah-jingga diakibatkan oleh keberadaan besi oksida, yang lebih dikenal dengan nama hematite.


EmoticonEmoticon