Joko Widodo, Presiden RI yang Dikagumi Dunia!




Ir. Joko Widodo
[1961 - ... ]

21 Juni 1961         : Lahir di Surakarta Jawa Tengah dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi.
1995                      : Menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Kehutanan UGM dan kemudian bekerja di BUMN PT Kertas Kraft Aceh, Gayo, Aceh. 
24 Des 1986        : Menikah dengan Iriana di Surakarta.
1988                      : Mendirikan usaha bisnis bidang kayu dengan nama CV. Rakabu
2005                      : Maju sebagai Calon Walikota Solo diajukan oleh PDI-P dan PKB, dan kemudian                                                  dipilih sebagai walikota Solo.
2010                       : Terpilih kembali sebagai walikota Solo dengan kemenangan lebih dari 90%.
15 Okt 2012          : Dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta dengan Basuki Tjahaja Purnama sebagai                                                wakilnya.



Sketsa Perjalanan Karier Politik Jokowi



Nama lengkapnya adalah Joko Widodo tetapi lebih dikenal sebagai Jokowi. Karier politiknya dimulai saat bergabung dengan PDI-P dan kemudian dicalonkan sebagai walikota Solo. Ia sukses sebagai walikota yang sangat dekat dengan rakyat, sangat tegas sekaligus manusiawi. 

Ia kemudian dipilih menjadi Gubernur DKI Jakarta dan seberpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Selanjutnya, ia kemudian dicalonkan oleh PDI-P, PKB, Partai Nasdem, Partai Hanura dan PKPI. Jokowi maju sebagai Capres bersama Jusuf Kalla sebagai Cawapres. Pasangan ini mengalahkan pasangan Probowo Subianto-Hatta Rajasa. Jokowi bersama Jusuf Kalla dilantik pada tanggal 14 Oktober 1945.

Pada masa pemerintahannya, korupsi diberantas dan pembangungan infrastruktur digalakkan. Banyak rencana pemerintahan sebelumnya yang mangkrak dan tidak terlaksana dapat diwujudkan. Untuk memperbaiki bidang ekonomi dan penerimaan negara, ia mengadakan program tax amnesty yang mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat. Bahkan, tingkat keberhasilan program ini termasuk yang termasuk yang terbaik di dunia. Kepemimpinannya banyak dikagumi di dunia sehingga Madame Tassauds berencana untuk membuat patung lilin sebagai penghormatan kepadanya.


EmoticonEmoticon