Apa yang Disebut Lava?



Lava adalah cairan larutan magma pijar yang mengalir keluar dari dalam bumi melalui kawah gunung berapi atau melalui celah (patahan) yang kemudian membeku menjadi batuan yang bentuknya bermacam-macam. Temperaturnya mungkin mencapai 1.200 derajat Celcius.  Lava mungkin cair  seperti air atau demikian kental sehingga nyaris tidak bergerak.   

Bila cairannya encer, lava  akan meleleh jauh dari sumbernya membentuk aliran seperti sungai. Bila agak kental, akan mengalir tidak jauh dari sumbernya membentuk kubah lava dan pada bagian pinggirnya membeku membentuk blok-blok lava tetapi suhunya masih tinggi.

Lava tipe cair yang mengalir dari gunung berapi tipe Hawaii  mengalir ke bawah dalam lapisan dan aliran, bergerak amat cepat.   Kadang-kadang permukaan dari aliran ini mendingin dan mengeras,  dan lava cair terus mengalir di bawahnya, akhirnya menghasilkan  tabung lava ketika sudah dingin.  Tipe lava yang lebih kental bergerak lambat menuruni lereng gunung berapi seperti longsoran  salju yang amat lambat, membawa serta apa pun yang menghalang di  jalan, di samping lava yang merah-panas. 

Bila terjadi hujan besar yang mengakibatkan banjir dari puncak gunung, lava dingin ini akan mengakibatkan banjir yang biasanya disebut sebagai lahar dingin.


EmoticonEmoticon